Basarnas Pekanbaru Beri Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di Kampar

Basarnas Pekanbaru Beri Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di Kampar

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Basarnas Pekanbaru Beri Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di Hotel Altha Kabupaten Kampar, Senin (27/9/2021) 


Basarnas Beri Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di Kampar

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM--Basarnas Pekanbaru memberikan pelatihan bagi Potensi SAR yaitu Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (First Aid) kepada anggota dari BPBD Kampar, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Kampar serta Organisasi Gema Keadilan Kampar, Senin (27/9/2021).

Ada puluhan peserta ikut dalam pelatihan yang diadakan Basarnas Pekanbaru selama tiga hari di Hotel Altha Kabupaten Kampar.

Acara pelatihan ini mengangkat tema Melalui Pembinaan Potensi Dasar di Bidang Pertolongan Pertama Kita Tingkatkan Kompetensi Potensi Pencarian dan Pertolongan untuk mendukung Operasi Pencarian dan Pertolongan di Wilayah Kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru.

Direktur Bina Potensi Basarnas Drs. Mochamad Hernanto, M.M.yang diwakili oleh Koordinator Rencana dan Standarisasi Bina Potensi Suhardi, S.T., M.Si mengatakan apa yang diberikan pada pelatihan ini diharapkan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga maupun masyarakat pada umumnya.

Baca juga: Lokasi IPAL di Pekanbaru Bisa Jadi Tempat Wisata Edukasi

Ia menuturkan pelatihan yang diadakan ini merupakan ajang pembelajaran, tukar menukar pengalaman dan mempererat jalinan silaturahmi di antara insan SAR.

Dijelaskan tujuan dari kegiatan pembinaan ini yakni untuk memberikan keterampilan pencarian dan pertolongan dalam melaksanakan pertolongan pertama pada kecelakaan.

"Peserta disini akan diajarkan tentang penilaian awal korban, pemindahan korban, BHD, RJP, langkah awal mengatasi pendarahan dan syok, cedera jaringan lunak, cedera kepala, dada, tulang belakang dan juga luka bakar," tuturnya.

Menurutnya peserta tidak hanya akan diberikan materi namun juga berkesempatan untuk latihan praktik materi yang diberikan oleh instruktur.

Baca juga: Hujan Deras Disertai Angin Kencang Terjadi di Riau, Warga Diminta Waspada

Dengan latihan ini peserta diharapkan mampu melakukan tindakan sebagai penolong pada pertolongan pertama pada kecelakaan dan memiliki pengetahuan dan mampu menjelaskan pedoman pertama pada kecelakaan serta memiliki pengetahuan tentang penggunaan peralatan dalam Pertolongan pertama.

Pada pembukaan acara ini turut pula dihadiri oleh Anggota Komisi V DPR RI yang diwakili oleh Hidayat Pasai dan sejumlah pejabat daerah di Kabupaten Kampar.

Ia menegaskan, seluruh peserta dan panitia yang turut serta dalam kegiatan ini telah menjalani screening vaksin Covid-19 dan Rapid Test guna menghindari penularan Covid-19 selama acara berlangsung. Seluruh acara juga dijalankan berdasarkan protokol Kesehatan Covid-19.

 

Baca juga: Taekwondo Riau Kirim 10 Atlet ke PON XX 2021 Papua, Target Raih Medali Emas

Baca juga: Hingga September 2021, Karhutlla di Riau Hingga Seribu Hektare Lebih

--

(tribunpekanbaruWIKI.com/Ikhwanul Rubby)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved