Cegah Virus Covid-19 Varian MU Dan Lambda, KKP Perketat Pintu Masuk Dumai

Cegah Virus Covid-19 Varian MU Dan Lambda, KKP Perketat Pintu Masuk Dumai

Editor: Aan Ramdani
covid.go.id
Ilustrasi Covid-19 

Cegah Virus Covid-19 Varian MU Dan Lambda, KKP Perketat Pintu Masuk Dumai

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM-- Mencegah masuknya varian baru Covid-19, seperti Varian MU dan Varian Lambda, di Kota Dumai, Kantor kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai, melakukan pengetatan pintu masuk Dumai, dari Laut, khususunya bagi kapal yang berasal dari luar negeri.

‎Salah satu bentuk pengetatnya, yakni, setiap kapal yang akan bersandar dan beroperasi di Kota Dumai, diwajibkan berlabuh di zona karantina untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan seluruh awak kapal.

Kepala Kepala KKP Kelas III dumai, Ismail Bakhri Siregar‎ mengungkapkan, bahwa dalam rangka menangkal masuknya varian baru Covid-19, seperti Varian MU dan Varian Lambda, di Kota Dumai pihaknya terus melakukan pengawasan setiap kapal luar dan dalam negeri yang hendak masuk ke Kota Dumai.

"Alhamdulillah sampai saat ini kita belum mendeteksi varian baru seperti MU ataupun Varian Lambda masuk ke Kota Dumai ini," katanya, Rabu (22/9/2021).

Ia menambahkan, ‎untuk pelabuhan Dumai, sendiri aktivitasnya kebanyakan kegiatan bongkar muat CPO dan kargo, untuk itu pengawasan pihaknya dibekali surat edaran yang dikeluarkan oleh dirjen kesehatan kepalabuhan.

Bukan hanya itu saja, tambahnya, KKP juga melakukan pengawasan yang ketat bagi kapal-kapal yang datang dari luar negeri, yang mana kapal harus terlebih dahulu berlabuh di zona karantina laut Dumai, untuk dilakukan pemeriksaan seluruh awak kapal sebelum bersandar ke Pelabuhan.

Sesuai dengan protokol kesehatan jika ada awak kapal yang kedapatan positif Covid-19 maka selama menjalakan aktivitas di pelabuhan harus dikarantina didalam kamar dan tidak boleh berkeliaran didalam kapal, terangnya.

Ismail Bakhri ‎menerangkan, jika seluruh atau sebahagian besar awak kapal dinyatakan positif Covid-19, maka kapal tersebut dilarang untuk bersandar hingga para awak kapal yang ada dinyatakan sudah bebas Covid-19m

Dirinya menegaskan, selama kegiatan bongkar muat di pelabuhan seluruh awak kapal juga dilarang turun ke pelabuhan, dan pihaknya akan terus diawasi untuk tetap berada didalam kapal sampai mereka kembali ke melaut.

"Kami juga bekerjasama dengan pihak kepolisian, TNI dan KSOP dalam melakukan pengawasan pada kapal-kapal yang bersandar di Kota Dumai beserta awak kapalnya, agar varian baru seperti MU tidak masuk ke Dumai," pungkasnya

--
(tribunpekanbaruWIKI.com/Donny Kusuma Putra)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved