Langgar Prokes PPKM Level 3, 26 Pelaku Usaha Kena Sanksi Denda

Langgar Prokes PPKM Level 3, 26 Pelaku Usaha Kena Sanksi Denda. Mereka terpaksa harus kena denda lantaran buka melewati batas operasional

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya saat memimpin puluhan personel untuk membubarkan kerumunan, Jumat (30/4/2021) 

Langgar Prokes PPKM Level 3, 26 Pelaku Usaha Kena Sanksi Denda

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM--Puluhan pelaku usaha terpaksa kena sanksi selama penerapan PPKM level 3 di Kota Pekanbaru. Mereka masih saja melanggar walau sudah ada kelonggaran aktivitas dalam PPKM level 3 ini.

Data dari Satpol PP Kota Pekanbaru, ada 26 pelaku usaha yang kena sanksi administratif berupa denda. Mereka terpaksa harus kena denda lantaran buka melewati batas operasional selama PPKM level 3.

Restoran, kafe atau rumah makan hanya bisa melayani makan di tempat hingga pukul 20.00 WIB. Tapi banyak dari mereka masih menerima pengunjung hingga malam sehingga menimbulkan kerumunan.

Aparat gabungan langsung membubarkan para pengunjung. Total jumlah denda yang terkumpul dari pelaku usaha selama PPKM level 3 dalam dua pekan ini sebanyak Rp 7 juta.

Baca juga: Terus Menurun, Penambahan Pasien Covid-19 Dibawah 100 Kasus

Baca juga: Kembali Dibuka, Istana Siak Mulai Ramai Didatangi Wisatawan

"Kita sanksi denda karena mereka melanggar jam operasional hingga menimbulkan kerumunan," tegas Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang kepada tribunpekanbaruWIKI.com, Senin (20/9/2021).

Menurutnya, pelaku membayar denda sebesar Rp 50.000 hingga Rp 500.000. Besaran denda ini sesuai penilaian PPNS di lapangan.

Paling banyak pelaku usaha membayar denda sebesar Rp 300.000. Ada 16 pelaku usaha yang terpaksa membayar denda karena melanggar protokol kesehatan.

"Jadi mereka melakukan penilaian objektif sesuai dengan pelanggaran yang ada," ujarnya.

Iwan menyebut bahwa petugas tidak cuma memberi sanksi kepada pelaku usaha. Ada juga sejumlah masyarakat melanggar prokes sehingga harus membayar denda.

Ada 17 orang yang harus membayar denda. Mereka kena sanksi denda lantaran melanggar protokol kesehatan.

Total denda yang terkumpul selama dua pekan ini mencapai Rp 8.600.000. Secara keseluruhan pelanggar mencapai 43 orang.

Baca juga: Kisah Zulhairi, Penjual Nasi Barokah di Pekanbaru

Baca juga: Bioskop di Pekanbaru Buka Kembali


--
(tribunpekanbaruWIKI.com/Fernando Sikumbang)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved