Kembali Dibuka, Istana Siak Mulai Ramai Didatangi Wisatawan

Kembali Dibuka, Istana Siak Mulai Ramai Didatangi Wisatawan. Pengunjung yang datang harus menerapkan protokol kesehatan dan sudah menerima vaksin

Editor: Aan Ramdani
tibunpekanbaruwiki.com
Wakil Bupati Siak Husni Merza berbincang dengan Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi Asni usai meninjau istana Siak, Sabtu (18/9/2021) 

Kembali Dibuka, Istana Siak Mulai Ramai Didatangi Wisatawan

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Destinasi wisata di kabupaten Siak kembali ramai dikunjungi wisatawan sejak Sabtu -Minggu (18-19/9/2021). Istana Siak menjadi pusat keramaian utama, namun tidak semua wisatawan yang bisa masuk.

“Tadi rencana mau masuk ke istana tetapi saya belum vaksin, jadi belum bisa masuk. Istri saya yang sudah vaksin bisa masuk, karena syaratnya pakai aplikasi PeduliLindungi,” kata Hade, wisatawan asal Pekanbaru, Minggu (19/9/2021).

Meski tidak bisa masuk ke istana Siak, ia mengaku sudah sangat senang bisa berwisata ke Siak. Sebab, selain masuk ke istana Siak, bisa juga berwisata di Tepian Bandar Sungai Jantan (TBSJ), yang juga berada di depan istana Siak. Lokasi ini juga banyak dikunjungi wisatawan domestik. Terlebih bagi wisatawan yang datang bersama keluarga.

“Di lokasi ini kan cukup bagus pemandangan, orang berjualan juga banyak. Anak-anak juga bisa naik odong-odong, terobatilah rindu untuk berwisata ke Siak, yang selama ini ditutup,” kata dia.

Istana Siak di Siak Sri Indra Pura, Kabupaten Siak, Riau terlihat dari kejauhan
Istana Siak di Siak Sri Indra Pura, Kabupaten Siak, Riau terlihat dari kejauhan (tribunpekanbaruwiki.com/aan ramdani)

Baca juga: Foto: Penyambutan Leani Ratri Oktila di Pekanbaru Riau

Hade mengetahui istana Siak sudah dibuka untuk umum dari pemberitaan media massa. Meskipun ia tahu tidak akan bisa masuk ke dalam istana Siak, paling tidak istrinya bisa masuk.

“Kalau kita laki-laki inikan mengantarkan keluarga ke istana Siak itu sudah cukup. Karena istri saya sudah vaksin jadi dia bisa masuk ke dalam,” kata dia.

Jumlah wisatawan yang masuk ke istana Siak selama dua hari belakangan mencapai 105 orang. Jumlah ini termasuk jumlah yang banyak untuk dua hari pertama dengan persyaratan masuk yang ketat.

“Kita yakin bisa mendisiplinkan wisatawan dengan persyaratan ini. Jadi ke depan wisatawan terbiasa dengan persyaratan dan Prokes yang ketat. Hari pertama dan hari kedua buka cukup memberikan gambaran cerahnya masa depan wisata Siak,” kata Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi Asni.

Ia menyampaikan, wisatawan yang masuk ke istana ternyata tidak hanya wisatawan domestik. Bahkan terdata dua orang kewarganegaraan Inggris. Sedangkan wisatawan domestik terbanyak datang dari Pekanbaru.

“Baru hari kedua sudah ada tamu manca negara kita. Hal ini tentu saja membuat kita semakin optimistis menghadapi kemungkinan ke depan,” kata dia.

Fauzi akan terus mempromosikan istana Siak pada masa pandemi ini. Namun pihaknya tidak mengenal kompromi untuk melonggarkan Protokol kesehatan.

Wakil Bupati Siak Husni Merza juga meninjau kondisi terkini Istana Siak. Ia memastikan rekayasa alur bagi para wisatawan yang akan berkunjung keistana Siak berjalan dengan baik.

Istana Siak di Kabupaten Siak Riau
Istana Siak di Kabupaten Siak Riau (tribunpekanbaru.com)

Baca juga: Agar Kendaraan Tetap Stabil, Spooring dan Balancing Ban Mobil Sebulan Sekali

“Saya meninjau bagaimana pemungsian tenda antrean, jaga jarak di pembelian tiket masuk, keberfungsian fasilitas cuci tangan, serta kesiapan petugas di lapangan,” kata dia.

Menurut dia, semuanya berjalan lancar selama dua hari pertama. Petugas selalu siap dalam menerpakan protokol kesehatan berjalan di dalam istana Siak.
Ia mengharapkan dengan dibukanya destinasi wisata istana Siak dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Untuk pengunjung tentunya harus mematuhi prokes yang ketat dan mematuhi ketentuan. Kita tidak ingin terjadinya klaster baru nantinya makanya kita persiapkan betul dari awal untuk membuka destinasi ini," katanya.

Syarat masuk harus dengan menggunakan aplikasi peduli lindungi atau penerapan protokol kesehatan yang diatur oleh Pemerintah Daerah. Untuk dapat membeli tiket akan masuk Destinasi, pengunjung wajib melihatkan kartu vaksin atau awab antigen negatif termasuk pengunjung memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan.

Suasna Istana Siak pada malam hari di Kabupaten Siak Provinsi Riau
Suasna Istana Siak pada malam hari di Kabupaten Siak Provinsi Riau (Tribunpekanbaru.com)

Baca juga: Begini Pandangan Ahli Epidemiologi Tentang Kondisi Covid-19 di Riau

Baca juga: Kisah Zulhairi, Penjual Nasi Barokah di Pekanbaru


--
(tribunpekanbaruWIKI.com/mayonal putra)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved