Politeknik Caltex Riau Lantik 509 Mahasiswa Baru Tahun 2021

Politeknik Caltex Riau Lantik 509 Mahasiswa Baru Tahun 2021. Secara simbolis pelantikan dilakukan Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Mohammad Yanuar

Editor: Aan Ramdani
tibunpekanbaru.com/ Doddy Vladimir
Direktur PCR, Dr. Mohammad Yanuar H, S.T., M.T. memasang almamater secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa baru, Sabtu (18/9/2021). 

Politeknik Caltex Riau Lantik 509 Mahasiswa Baru Tahun 2021

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM – Politeknik Caltex Riau (PCR) hari ini resmi melantik mahasiswa. Pelantikan ini dilakukan pada Sidang Terbuka Senat (STS) yang dilaksanakan hari ini, Sabtu (18/9/2021) di Gedung Serba Guna (GSG).

Pelantikan mahasiswa baru ini dilakukan secara daring dan luring. Kita mengundang perwakilan dari mahasiswa baru pada jenjang Ahli Madya (D3), Sarjana Terapan (D4) dan Magister Terapan (S2) untuk hadir dan akan dilantik oleh dewan senat Politeknik Caltex Riau.

Pada sambutannya, Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Mohammad Yanuar Hariyawan, S.T., M.T., mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat dan mahasiswa baru atas kepercayaan kepada PCR sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

“Pada sidang terbuka senat ini akan dikukuhkan sebanyak 509 orang mahasiswa, dengan rincian 113 orang dari program Diploma III (Ahli Madya), 385 orang dari program Sarjana Sains Terapan dan 11 orang dari program studi Magister Terapan Teknik Komputer. Syukur Alhamdulillah kita kita haturkan kepada Allah SWT. Penghargaan setinggi-tingginya juga kami haturkan bagi Tim PMB 2021 atas kerja keras dan inovasi-inovasinya atas pencapaian pada tahun ini,” ujarnya.

Baca juga: Mengisi Angin Ban dengan Nitrogen Lebih Tahan Lama

Mahasiswa baru yang dikukuhkan hari ini telah diterima melalui proses seleksi Penjaringan Siswa Unggul Daerah (PSUD), UMPCR (Ujian Masuk PCR), Ujian Mandiri, Beasiswa Bidik Misi Provinsi Riau, Beasiswa Tahfizh, Beasiswa Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Minat Bakat, Media Sosial/Influencer, CBT Regional Dumai, CBT From Home, dan Sesi Mandiri yang difasilitasi LLDIKTI Wilayah X.

Sementara itu, Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Caltex Riau tahun 2021 Tianur, S.S.T., M.T. menambahkan bahwa penerimaan tahun ini tercatat 3.140 pendaftar yang memiliki akun dan 2.554 pendaftar yang memilih program studi. Dari total pendaftar tersebut, jumlah mahasiswa baru PCR pada tahun ini sebanyak 509 dengan persentase 85,72% jumlah mahasiswa dari program D3 dan D4 berasal dari Provinsi Riau.

Berbagai usaha dilakukan untuk menyakinkan para orang tua dan calon mahasiswa baru untuk melanjutkan pendidikannya di Politeknik Caltex Riau pada masa pandemi serta selalu berubahnya jadwal pengumuman dari pemerintah terkait seleksi mahasiswa baru.

Usaha-usaha yang kita lakukan seperti menyelenggarakan tour kampus secara virtual, membahas tentang program studi serta menyapa para alumni yang dilakukan secara daring melalui media sosial.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Riau

Selain itu, PCR juga memberikan beberapa kemudahan dalam proses pendaftaran hingga voucher potongan biaya masuk.
Yanuar juga mengatakan bahwa selain hasil capaian penerimaan tahun ini yang melewati target, capaian lain yang diraih oleh Politeknik Caltex Riau pada tahun ini antara lain meningkatnya akreditasi program studi dan prestasi yang diraih oleh sivitas akademika PCR.

“Dari banyak pencapaian yang diraih pada tahun ini, pencapaian yang paling membanggakan adalah tetap terjaganya peningkatan kepercayaan dari masyarakat, khususnya orang tua untuk melanjutkan pendidikan putera-puterinya di PCR. Tak lupa kami ucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada orang tua yang menitipkan putra-putrinya untuk kami didik menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik untuk dapat berkontribusi bagi kemajuan bangsa yang kita cintai ini. Berdasarkan hasil klasterisasi yang dikeluarkan oleh kemenristekdikti pada tahun 2019, PCR berhasil menduduki peringkat ke-13 dari 1.128 pendidikan tinggi vokasi yang ada di Indonesia,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Dewan Pembina Yayasan Politeknik Chevron Riau (YPCR) Ir. Albert B.M Simanjuntak, MBA mengatakan Keunggulan PCR didapatkan dari hasil penerapan nilai-nilai layaknya di sebuah perusahaan berkelas dunia.
“PCR dikelola dengan mengadopsi nilai-nilai Chevron, seperti kejujuran, integritas, disiplin, kinerja tinggi, taat hukum, beretika, menghormati keberagaman, bekerja secara tim, berperilaku selamat, dan ramah lingkungan. Nilai-nilai budaya organisasi seperti itulah yang menjadi keunggulan komparatif PCR jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain yang sejenis. Saya percaya bahwa implementasi dari nilai-nilai itu akan terus mendorong PCR untuk menjadi politeknik yang semakin unggul dan disegani,” ujarnya.

Baca juga: 7 Fakta Unik Satwa Landak

Selain itu, ia mengatakan perjalanan PCR menjadi contoh nyata kemitraan yang sukses antara pemerintah daerah, pemerintah pusat dan pelaku industri migas dalam hal ini PT CPI, untuk meningkatkan kualitas talenta insan Riau.

“Misi untuk berinvestasi pada sumber daya manusia ini lah yang merupakan cita-cita para pendiri PCR dalam rangka memberikan kontribusi bagi kemajuan Riau. Pasca Agustus 2021, PT CPI ingin dikenang bukan saja karena telah mendirikan dan membangun kampus utama PCR ini, tapi yang lebih utama adalah warisan nilai-nilai dan budaya industri PT CPI kepada perguruan tinggi vokasi ini, Politeknik Caltex Riau,” ungkapnya.

Diakhir pidato, Albert mengingatkan kepada mengingatkan bahwa di setiap tantangan ada kesempatan bagi kita untuk belajar. Ada tiga hal sehubungan pandemi COVID-19 yang bisa kita pelajari bersama dan menjadi bagian dari kehidupan kita kedepannya.

“Krisis ini mengajarkan kita untuk menjadi pribadi-pribadi yang tangguh dan tegar dalam menghadapi ketidakpastian. Kita tidak mengetahui sampai kapan pandemi ini akan berlangsung, dan hal ini bisa saja menimbulkan kekhawatiran, rasa takut, dan bahkan stress. Namun dengan memiliki resiliensi atau ketegaran kita akan mampu menghadapi setiap tantangan yang ada dan fokus pada hal-hal yang bisa kita selesaikan. Yang kedua, adalah adapt to change. Kita harus mampu beradaptasi dalam menghadapi segala perubahan di sekitar kita. Serta kita tahu bahwa mencegah atau preventif jauh lebih baik dari menyembuhkan/kuratif, oleh karena itu kita harus mengupayakan pencegahan penyebaran COVID-19 dengan memulai dari diri sendiri, lalu sampaikan juga ke keluarga, teman dan komunitas dimana kita berada,” pungkasnya.

Acara pelantikan mahasiswa baru dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Politeknik Chevron Riau Ir. Albert B.M. Simanjuntak, MBA, beserta anggota secara daring. Ketua Yaysan Drs. Azhar, MM. Pengawas dan Pengurus Yayasan Politeknik Chevron Riau secara daring, Sekretaris LLDikti Wilayah X Yandri A, S.H., M.H. Staf Politeknik Caltex Riau, mahasiswa baru serta orang tua secara daring.

Pada Sidang Terbuka Senat ini tidak hanya pelantikan mahasiswa baru secara simbolik, tetapi juga terdapat terdapat orasi ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Eng. Yoanda Alim Syahbana, S.T., M.Sc. Selain itu pada acara ini juga disisipi dengan penyerahan penghargaan kepada16 orang staf pengajar dan tenaga kependidikan, 36 orang mahasiswa berprestasi pada bidang akademik, 22 orang mahasiswa berprestasi pada bidang non akademik serta pengukuhan kepengurusan BEM dan BLM periode 2021/2022.

Baca juga: Berikut ini Syarat Donor Darah yang Harus Dipenuhi

Baca juga: Bioskop di Pekanbaru Buka Kembali

Baca juga: Dinilai Sukses Tarik Minat Bayar Pajak, Bapenda Riau Akan Tambah Layanan Samsat Drive Thru


--

(tribunpekanbaruWIKI.com/Doddy Vladimir)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved