Perguruan Tinggi Vokasi Multimedia Nusantara Polytechnic Resmi Diluncurkan

Perguruan Tinggi Vokasi Multimedia Nusantara Polytechnic Resmi Diluncurkan

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Peresmian Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP), Sabtu (18/9/2021) 

Perguruan Tinggi Vokasi Multimedia Nusantara Polytechnic Resmi Diluncurkan

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia, Kompas Gramedia melalui Yayasan Multimedia Nusantara mendirikan Perguruan Tinggi vokasi Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP), yang diluncurkan Sabtu (18/9/2021).

CEO Kompas Gramedi,  Lilik Oetama mengatakan, MNP merupakan lembaga pendidikan yang sesuai filosofi nilai-nilai Kompas Gramedia. Dikatakannya, Kompas Gramedia terpanggil mendirikan Multimedia Nusantara Polytechnic, sebuah institusi pendidikan tinggi vokasi.

"Multimedia Nusantara Polytechnic mengedepankan filosofi nilai nilai Kompas Gramedia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mencerahkan masyarakat Indonesia," kata Lilik dalam acara Peresmian Multimedia Nusantara Polytechnic yang digelar secara daring.

Ia juga mengatakan, penguasaan keahlian terapan menjadi fokus utama pendidikan vokasi agar dapat menjawab tentangan zaman dan kebutuhan dunia industri.

Baca juga: Kisah Zulhairi, Penjual Nasi Barokah di Pekanbaru

MNP hadir perdana sebagai perguruan tinggi vokasi yang memiliki keunggulan berupa jejaring kuat dengan unit bisnis KG yang berkaitan dengan industri Information Communication Technology (ICT) dan industri kreatif.

"Pendidikan vokasi dirancang untuk berkolaborasi dunia usaha dan industri yang ada di Kompas Gramedia dan dunia industri lain yang tersebar di tanah air," imbuhnya.

Ketua Yayasan Multimedia Nusantara, Teddy Surianto mengatakan, pendirian MNP merupakan perwujudan visi pendiri Kompas Gramedia, yakni Jakob Oetama dan P.K Ojong. Visi tersebut adalah untuk terus mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui pendidikan.

"Yayasan meyakini pendidikan vokasi adalah bentuk pendidikan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan bangsa saat ini. Visi Kompas Gramedia memberikan inspirasi bagi Multimedia Nusantara meluncurkan pendidikan vokasi yang menitikberatkan pada keterampilan yang relevan dengan dunia industri," ujarnya.

MNP meluncurkan tiga program studi perdana yang sesuai dengan kebutuhan industri. Tiga program studi tersebut adalah Digital Animation, E-commerce Logistics, dan Event Management (MICE).

Baca juga: Berikut ini Syarat Donor Darah yang Harus Dipenuhi

Melalui program ini, MNP ikut mendukung link and match yang dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Kolaborasi menjadi perwujudan kearifan lokal gotong royong, yang merupakan semangat yang tepat untuk digunakan melewati tantangan Bangsa Indonesia di tengah masa pandemi ini.

"Penentuan program sarjana terapan tersebut ditentukan dengan mempertimbangkan kebutuhan pasar. Dan dukungan mitra industri yang terbaik di bidangnya untuk saling bersinergi khususnya di industri kreatif," jelasnya.

Teddy juga menjelaskan, saat ini disediakan lahan 80.000 m⊃2; di Gading Serpong, Tangerang, Banten untuk pengembangan MNP.

Mendikbudristek Nadiem Makarim yang juga hadir langsung melalui virtual menyatakan, pihaknya menyambut baik pendirian MNP. Menurut Nadiem, MNP menjadi jawaban kebutuhan industri kreatif. Ia mengapresiasi tiga program studi yang disediakan oleh MNP. Nadiem meyakini MNP akan mencetak SDM yang unggul.

"Industri kreatif merupakan industri masa depan yang membangun ekonomi nasional. Saya yakin MNP akan menjadi jawaban untuk kebutuhan kita akan kebutuhan industri kreatif yang terampil tapi punya kompetensi manajerial yanh berkualitas dan memiliki kemampuan berinovasi," imbuhnya.

Kegiatan peresmian tersebut turut dihadiri oleh Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto, Kepala LLDikti Wilayah III Agus Setyo Budi, dan Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Beny Bandanajaya.

Peresmian tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh pihak yayasan, Kompas Gramedia dan beberapa tamu undangan lainnya.

Baca juga: 7 Fakta Unik Satwa Landak

Baca juga: Istana Siak Kembali Dibuka Untuk Umum

Baca juga: Bioskop di Pekanbaru Buka Kembali


---
(tribunpekanbaruWIKI.com/Alexander)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved