Agar Kendaraan Tetap Stabil, Spooring dan Balancing Ban Mobil Sebulan Sekali

Agar Kendaraan Tetap Stabil, Spooring dan Balancing Ban Mobil Sebulan Sekali

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Mekanik Auto Servis Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru sedang melakukan service 

Agar Kendaraan Tetap Stabil, Spooring dan Balancing Ban Mobil Sebulan Sekali

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM-- Kenyamanan dan kestabilan dalam mengemudi menjadi salah satu faktor pening dalam berkendara dengan selamat.

Dalam berkendara roda empat, pengecekan kendaraan sebelum berkendara, terutama pada bagian kemudi merupakan hal yang penting untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Bagi pengguna kendaraan roda empat, istilah Spooring dan Balancing merupakan suatu hal yang awam didengar saat membawa kendaraan kebengkel.

Menurut Kordinator Bengkel Efo Ska Auto Servis Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru, Susi menjelaskan Spooring dan Balancing merupakan salah satu bagian dari servis rutin yang harus dilakukan pada mobil.

Tujuan dilakukannya servis ini agar kemudi mobil tetap lurus atau stabil.

Kestabilan ban dan kemudi ini jadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam berkendara agar dapat berkendara dengan aman dan stabil.

Bengkel Auto Servis Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru
Bengkel Auto Servis Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru (tribunpekanbaru.com)

Baca juga: Perguruan Tinggi Vokasi Multimedia Nusantara Polytechnic Resmi Diluncurkan

"Ketidakstabilan pada bagian ban ini bisa menyebabkan mobil berjalan tidak lurus atau sulit dikendalikan," ucapnya saat ditemui Tribun Pekanbaru, Kamis (16/9).

Menurutnya Spooring dan Balancing ini layakanya dilakukan pada mobil rutin dalam dua bulan sekali.

"Tentunya sebelum dilakukan mesti dilakukan pengecekan terhadap bagian kaki dibengkel yang berkompeten," ujarnya.

Susi menuturkan semakin berat medan jalan yang secara berkala dilalui mobil, membuat kebutuhan untuk dilakukan Spooring dan Balancing juga tinggi.

"Jika melihat medan yang dilalui kendaraan, jika kendaraan sendiri melalui jalan yang jelek atau melewati medan off road, aktifitas Spooring dan Balancing pada kaki paling tidak dilakukan sebulan sekali," ungkapnya.

Menurutnya jika Spooring dan Balancing ini tidak dilakukan secara berkala, selain dapat menyebabkan kendaraan tidak stabil, juga dapat merembet pada kerusakan bagian kaki.

Selain itu kondisi kendaraan yang lama tidak di Spooring atau Balancing bisa menyebabkan bagian ban habis tidak rata, tentunya ini merugikan pengguna mobil.

Spooring adalah alignment atau proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan setingan pabrik. Biasanya dua roda depanlah yang akan diluruskan dan diatur agar kembali seperti sedia kala.

Baca juga: 7 Fakta Unik Satwa Landak

Sedangkan balancing adalah penyesuaian atau upaya menjaga keseimbang pada titik atas bawah atau kiri kanan roda dengan cara menambahkan timah pada bagian yang kurang. Biasanya ini dilakukan setelah penggantian ban atau velg, dan jika kilometernya sudah mencapai batas untuk balancing.

Adapun tanda-tanda mobil perlu melakukan spooring dan balancing yakni saat ada terjadi setir bergetar pada kecepatan tertentu, karena roda depan langsung berkaitan dengan mekanisme kemudi.

Selain itu kondisi mobil yang seakan berbelok sendiri padahal sedang melaju lurus ke depan, atau selalu bergerak ke arah tertentu, maka berarti mobil Anda sudah menerima gejala tersebut.

Lalu, Spooring dan Balancing perlu dilakukan saat pengendalian setir saat dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan. Ini juga menjadi gejala tersebut.

Gejala lainnya, jika mobil yang sedang dikendarai seperti berjalan miring, ini tandanya mobil sudah cukup parah dengan keseimbangan. Selain itu permukaan ban sudah tidak rata atau aus, bisa di salah satu atau keduanya bisa jadi indikasi.

Baca juga: Irfina Nurrahmi, Mahasiswi yang Hobi Otomotif

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved