Masyarakat Pekanbaru Antusias Ikuti Kegiatan Donor Darah Relawan Peduli covid-19

Masyarakat Pekanbaru Antusias Ikuti Kegiatan Donor Darah Relawan Peduli covid-19

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Kegiatan donor darah kerjasama Relawan Peduli Covid-19 dengan PMI Pekanbaru, mulai 17 hingga 19 September 2021 di Hotel Furaya Pekanbaru 

Masyarakat Pekanbaru Antusias Ikuti Kegiatan Donor Darah Relawan Peduli covid-19


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM--Hari pertama pelaksanaan kegiatan donor darah dalam rangka HUT ke-76 Palang Merah Indonesia (PMI), Jumat (17/9/2021) ratusan peserta mendonorkan darahnya dalam aksi yang digelar oleh Relawan Peduli Covid-19 bekerjasama dengan PMI Pekanbaru.

Ketua PMI Kota Pekanbaru, M Noer MBS yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan kegiatan tersebut langsung selama 3 hari, mulai dari 17 sampai 19 September 2021. Berbagai pihak turut terlibat dalam aksi tersebut, termasuk dari TNI dan Polri dan berbagai instansi lainnya, termasuk masyarakat umum.

"Kita didukung penuh oleh berbagai pihak, kita sangat ucapkan terimakasih akan hal itu. Kemudian juga kepada Relawan Peduli Covid-19 Riau, yang bekerjasama dengan kita dalam kegiatan ini. Juga ada buah tangan yang disediakan oleh pihak Relawan, sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyakarat, kita sangat berterimakasih sekali," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya menargetkan sebanyak 3.000 kantong darah terkumpul dalam kegiatan itu. Dengan antusiasnya masyarakat untuk donor darah, ia optimis akan mencapai target.

Baca juga: Istana Siak Kembali Dibuka Untuk Umum

"Belum setengah hari sudah 300 warga yang melaksanakan donor darah, maka dari itu kita yakin bisa tercapai yang ditargetkan," ujarnya.

Ditambahkannya, sebelumnya pihak panitia telah membuat pendaftaran melalui online bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

"Yang mendaftar melalui online sudah ada 2.000 lebih pendonor, yaitu melalui aplikasi yang dibuat oleh Relawan Peduli Covid-19 Riau. Tapi banyak juga dari pengurus LPM, kecamatan dan masyarakat yang membuat daftar, itu tetap kami terima," ulasnya.

"Pada hari Minggu nanti, Lanud juga akan memberikan sumbangsih dengan mengaitkan HUT PMI ini dengan HUT TNI AU dengan ikut melakukan donor darah, yang akan dilaksanakan hari terakhir, hari Minggu besok. Mudah-mudahan bisa sebanyak mungkin memberikan darah kepada PMI yang nantinya untuk dimanfaatkan bagi masyarakat Kota Pekanbaru," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga berterimakasih kepada Relawan Peduli Covid-19 Riau yang telah menyediakan buah tangan berupa sembako dan alat kesehatan pencegah covid-19 kepada para pendonor.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Riau Menurun, Walikota Firdaus Minta Masyarakat Tetap Waspada

"Kami mengucapkan terimakasih, mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan oleh pendonor," tuturnya.

Sementara itu, Inisiator Relawan Peduli COVID-19 Riau, Toni Lim Thian Cui mengatakan, antusiasme masyarakat yang mengikuti kegiatan donor darah ini cukup tinggi. Pihaknya menyediakan 42 bed serta puluhan relawan untuk mensukseskan kegiatan sosial tersebut.

"Animo masyarakat cukup tinggi. Mudah-mudahan bisa melebihi target. Peserta semuanya kita gandeng, baik dari masyarakat umum, serta dari berbagai instansi. Kita juga membuka untuk umum dan bisa langsung datang ke hotel Furaya untuk mendonorkan darahnya," ujarnya.

Dalam kegiatan ini juga pihaknya menjaring masyarakat yang ingin mendonorkan plasma konvalesennya. Tercatat sampai saat ini sudah ada 10 orang yang lulus uji skrining awal untuk mendonorkan plasmanya.

"Dalam rangka ulang tahun PMI ini kita bersama PMI Kota Pekanbaru menggelar donor darah massal. Sekalian juga kita menjaring pendonor plasma konvalesen. Dan yang sudah lulus skrining awal ada 10 orang. Nantinya akan dilanjutkan dilakukan di PMI," tuturnya.

Baca juga: Balai Besar KSDA Riau Amankan 44 Kubik Kayu Ilegal Logging di Suaka Margasatwa Kerumutan

Baca juga: Olahraga Tradisional Provinsi Riau Siap Menuju Pekan Kebudayaan Nasional


---
(tribunpekanbaruWIKI.com/Alexander)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved