7 Fakta Unik Satwa Landak

7 Fakta Unik Satwa Landak, Satwa landak memiliki ribuan duri, aktif pada malam hari dan satwa soliter

Editor: Aan Ramdani
tribunbanyumas
Kasat Reskrim Polresta Banyumas, Kompol Berry saat menunjukan barang bukti landak-landak yang dijadikan barang jual beli di kantor Reskrim Polresta Banyumas pada Sabtu 9 Januari 2021 lalu 


7 Fakta Unik Satwa Landak


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM--Landak dikenal sebagai hewan mamalia kecil yang memiliki wajah seperti kerucut, kaki pendek, dan duri tajam pada tubuhnya. Duri landak hampir menutupi seluruh tubuh makhluk kecil ini, kecuali wajah, kaki dan perut.

Landak sangat bergantung pada duri mereka untuk pertahanan, baik saat tidur, mencari makan, maupun saat menghadapi musuh.

Biasanya, ketika menghadapi musuh, landak akan langsung meringkukkan tubuhnya menjadi bola sehingga duri tajamnya semakin tegak berdiri.

Setelah itu, landak akan masukkan kepala, ekor, dan kaki mereka, lalu berguling untuk melindungi diri dari musuh. Landak merupakan pemburu nokturnal (beraktivitas pada malam hari) berduri yang ditemukan di seluruh dunia.

Baca juga: Harimau Sumatra yang Diduga Serang Manusia di Siak Riau Berhasil Ditangkap

Hewan penyendiri ini dapat membuat rumah di mana saja, dari gurun, taman, kebun lokal, sampai rumah Anda.

Namun, kini banyak orang yang memelihara landak. Selain karena lucu dan kecil, perawatan landak terbilang minim serta tak memerlukan banyak ruang. Tak heran, landak kini menjadi salah satu hewan peliharaan favorit.

Nah, bagi Anda yang tertarik memelihara landak, berikut ini tujuh fakta unik landak dilansir dari Live Science, Love The Garden, dan Natgeo Kids, Jumat (17/9/2021).

Baca juga: Viral Video Gajah Sumatra Evakuasi Mobil Terperosok di Bengkalis Riau

1. Landak Memiliki Ribuan Duri

Menurut Animal Planet, duri landak tidak mudah terlepas dari tubuh landak. Duri landak terbuat dari keratin seperti kuku manusia. Berdasarkan African Wildlife Foundation (AWF), landak dapat memiliki sekitar 6.000 duri pada tubuhnya.

Ketika lahir, duri landak sangat lunak dan pendek. Namun, seiring pertumbuhannya, duri landak mengeras, lebih kaku, lebih tajam, dan lebih panjang.

Setiap duri landak hanya mampu bertahan sekitar satu tahun sebelum terlepas dan berganti dengan duri baru.


2. Landak Aktif pada malam hari

Landak merupakan hewan nokturnal yang artinya tidur pada siang hari dan hanya aktif atau keluar pada malam hari. Ini menjadi fakta unik landak yang tidak dimiliki semua hewan.

3. Disebut landak karena suatu alasan

Dalam bahasa Inggris landak berarti hedgehog. Rupanya, pemberian nama ini bukan tanpa alasan. "Hedge" berasal dari tempat landak membangun pagar sarang, semak, dan semak belukar. Sementara itu, "hog" berasal dari suara mendengus yang dibuat landak, yang mirip dengan suara babi hutan. Maka itu, landak diberi nama hedgehog dalam bahasa Inggris.

4.Landak bisa hibernasi

Landak memiliki kemampuan untuk berhibernasi (walaupun tidak semua melakukannya), yang menjadikan mereka salah satu dari hanya tiga mamalia yang berhibernasi di Inggris.

Hibernasi berarti landak bersembunyi dan tetap dalam keadaan tidak aktif selama musim dingin.

Baca juga: Pusat Konservasi Harimau Sumatra Akan Dibangun di Riau


5. Kegunaan Moncong Panjang Landak

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved