Pendiri Kota Pekanbaru, Marhum Pekan Diusulkan Jadi Pahlwan Nasional

Pendiri Kota Pekanbaru, Marhum Pekan Diusulkan Jadi Pahlwan Nasional. Marhum Pekan yakni Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Peringatan Haul Marhum Pada Senin 19 November 2019 lalu, mengenang pendiri Kota Pekanbaru 


Pendiri Kota Pekanbaru, Marhum Pekan Diusulkan Jadi Pahlwan Nasional

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Pendiri Kota Pekanbaru, Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau yang sering disebut Marhum Pekan diusulkan untuk menjadi pahlawan nasional. Usulan ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas sosok jasa dari Sultan Muhammad Ali.

Sultan kelima dari Kerajaan Siak ini layak sebagai pahlawan nasional atas jasanya sebagau pendiri Kota Pekanbaru. Sosok yang dikenal sebagai Marhum Pekan kini dikebumikan di pusara Komplek Makam Marhum Pekan.

Posisinya berada dalam areal Komplek Masjid Raya Pekanbaru, Senapelan. Kawasan itu kini menjadi satu cagar budaya di Kota Pekanbaru.

"Kita terus lakukan upaya percepatan, agar nantinya Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah bisa menjadi pahlawan nasional," terang Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: Dinilai Sukses Tarik Minat Bayar Pajak, Bapenda Riau Akan Tambah Layanan Samsat Drive Thru

Baca juga: Walikota Pekanbaru Pastikan Prokes Berjalan dengan Benar Selama Belajar Tatap Muka

Menurutnya, saat ini sudah ada Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru. Ayat sendiri menjadi Ketua TP2GD Kota Pekanbaru.

Jajaran tim tersebut tidak cuma dari unsur pemerintah kota, akademisi, sejarawan hingga kekerabatan Kesultanan Siak. Tim terus berupaya agar nantinya pendiri Kota Pekanbaru menjadi pahlawan nasional.

Ayat mengaku sudah melakukan kunjungan ke Kabupaten Siak. Mereka bakal berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Siak terkait formulasi untuk memperjuangkan Sultan Abdul Jalil Muzaffar Syah atau Tengku Buang Asmara sebagai pahlawan nasional.

"Kalau kita berupaya agar Marhum Pekan atau Sultan Siak Kelima menjadi pahlawan nasional," ujarnya.

Jasad Marhum Pekan kini bersemayam di komplek pekamanan yang sama dengan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau Marhum Bukit. Sosok Marhum Bukit dikenal juga dengan nama Tengku Alam.

Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah merupakan sultan keempat di Kerajaan Siak. Marhum Bukit merupakan ayahanda dari Marhum Pekan.

Baca juga: Daftar Harga Kelapa Sawit di Riau Priode 15-21 September 2021

Baca juga: Kodim 0314/Inhil Sulap Lahan Kosong Jadi Taman Wira Bima Edu Park


--
(tribunpekanbaruWIKI.com/Fernando Sikumbang)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved