Dinilai Sukses Tarik Minat Bayar Pajak, Bapenda Riau Akan Tambah Layanan Samsat Drive Thru

Dinilai Sukses, Bapenda Riau Akan Tambah Layanan Samsat Drive Thru di Riau

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com/doddy vladimir
Gubernur Riau, Syamsuar saat melihat layanan Samsat Drive Thru yang berlokasi di Kantor Bapenda Riau, Senin (9/8/2021).(tribunpekanbaru.com/doddy vladimir) 

Dinilai Sukses, Bapenda Riau Akan Tambah Layanan Samsat Drive Thru di Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor model drive thru yang digagas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau dinilai sukses untuk menarik minta masyarakat dalam membayarkan pajak kendaraan bermotornya.

Terbukti, sejak dioperasikan 9 Agustus 2021 lalu hingga saat ini sudah lebih Rp 1 miliar pendapatan yang dibukakan dari pembayaran pajak melalui layanan Samsat Drive Thru ini.

Saat ini layanan Samsat Drive Thru di Riau baru ada satu titik. Yakni di depan Kantor Bapenda Riau, Jalan Sudirman Samping GOR Remaja Pekanbaru.

Untuk meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan bermotor, dan permudah masyarakat membayar pajak, Bapenda Riau berencana akan menambah lagi beberapa titik layanan Samsat Drive Thru di Riau.

Baca juga: Walikota Pekanbaru Pastikan Prokes Berjalan dengan Benar Selama Belajar Tatap Muka

Baca juga: Balai Besar KSDA Riau Amankan 44 Kubik Kayu Ilegal Logging di Suaka Margasatwa Kerumutan

Diantaranya ada di kabupaten Pelalawan, Rokan Hilir dan Indragiri Hilir. Pembangunan fasilitas pembayaran pajak drive thru tersebut akan dialokasikan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2021.

Kepala Bapenda Riau, Herman MT, Rabu (15/9/2021) mengatakan, pembangunan sarana drive thru tersebut dalam rangka mempermudah wajib pajak membayaran pajak tahunan.

"Kalau tidak ada kendala di anggaran perubahan kita bangun drive thru di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan dan di Ujung Tanjung, Kabupaten Rokan Hilir," katanya.

Lebih lanjut, Herman menyampaikan, untuk pembangunan drive thru di Pangkalan Kerinci, pihaknya telah koordinasi dengan pemerintah setempat, dan Bupati Pelalawan siap menyediakan lahan untuk samsat drive thru.

Sedangkan untuk samsat drive thru di Ujung Tanjung, saat ini sudah jalan. Hanya saja fasilitasnya masih sederhana. Karena itu tahun ini akan dibangun secara permanen.

Baca juga: Honda Modif Contest 2021 Akan Digelar Secara Virtual

Baca juga: Mariani, Nenek 62 Tahun di Kampar Jadi Perhatian Sandiaga Uno Karena Nganyam Rumbia

"Drive Thru di Tembilahan juga sudah kominikasi dengan pemerintah setempat, mereka mengusulkan letaknya di terminal. Memang lokasi bagus memiliki parkiran luas, tapi di sana malam agak sunyi. Makanya lokasinya masih kita pertimbangkan karena ini menyangkut keamanan alat kita," terangnya.

Herman mengatakan, dimasa pandemi COVID-19 sekarang ini layanan samsat drive thru dinilai efektif untuk memaksimalkan pelayanan pajak. Hal itu terbukti adanya Samsat Drive Thru Simpang Tiga, tepatnya di depan kantor Bapenda Riau.

"Sejak kita resmikan 9 Agustus lalu, antusias masyarakat membayar pajak melalui drive thru cukup tinggi. Selama sebulan beroperasi, sudah Rp1 miliar lebih wajib pajak bayar pajak tahuban lewat Samsat Drive Thru Simpang Tiga," ujarnya.

Selain itu, tambah Herman, pihaknya akan mengupayakan setiap kabupaten/kota di Riau tminimal ada satu Samsat Drive Thru yang dibangun, seperti di Bangkinang, Kabupaten Kampar dan Duri, Kabupaten Bengkalis serta kabupaten/kota lainnya.

"Karena pak Gubernur berharap kalau bisa setiap kabupaten/kota ada Samsat Drive Thru. Sehingga ini bisa menjadi ikon kita memberi kemudahan kepada masyarakat membayar pajak tahunan," ucapnya.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Kota Pekanbaru Sudah Capai 50 Persen

Baca juga: Gunakan Vespa Merah, Walikota Dumai Paisal Susur Pelosok Kota Untuk Memberikan Sembako

--
(tribunpekanbaruWIKI.com/Syaiful Misgiono)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved