Aksi Bagi-Bagi Nasi Kotak Untuk Masyarakat Pekanbaru Terdampak PPKM Level 4

Aksi Bagi-Bagi Nasi Kotak Untuk Masyarakat Pekanbaru Terdampak PPKM Level 4

Editor: Aan Ramdani
Tribunpekanbaru.com
Pemberian Nasi Kota oleh Aksi Kamisan Pekanbaru kepada salah seorang pedagang terdampak PPKM level 4 di Pekanbaru, Kamis (5/8/2021). 

Aksi Bagi-Bagi Nasi Kotak Untuk Masyarakat Pekanbaru Terdampak PPKM Level 4

 

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM -- Azan subuh baru saja berkumandang. Selesai subuh, lantunan surat dan ayat masih terdengar berkumandang. Puluhan anak muda mulai berkumpul. Sebentar saja, masing-masing lalu sibuk setelah membagi tugas, dan siap-siap memasak untuk dibagikan kepada masyarakat terdampak Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di Pekanbaru, Kamis (5/8/2021).


Tepatnya di Kedai Kopi Miu, Jalan Karya, Marpoyan, tidak jauh dari kampus Universitas Islam Riau, para anak muda berkumpul, yang tergabung dalam Aksi Kamisan Pekanbaru. Ada di antara mereka yang bertugas pergi ke pasar pada subuh tersebut, ada juga yang mempersiapkan segala sesuatunya di dapur, dan berbagai kesiapan lainnya.


Tanpa ada pembatas, mereka membaur, ada yang dari kalangan mahasiswa, pengusaha muda, anak punk, anak jalanan, komunitas vespa, komunitas motor, dan berbagai kalangan lainnya. 


Pagi terus mulai terang, anggota Aksi Kamisan Pekanbaru makin ramai yang hadir untuk membantu. Mereka pun masak bersama, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 


Lauk telor, teri, tempe dan lainnya menjadi satu dalam nasi kotak, plus dengan sayurnya. Tidak lupa masker dan handsanitizer dibuat sepaket dengan nasi kotak yang akan dibagikan.

Baca juga: Kisah Ojol Sepi Orderan Selama PPKM Level 4 di Pekanbar


Setelah selesai dimasak, selanjutnya mereka persiapkan untuk dibuat nasi kotak, dan siap-siap dibagikan kepada masyarakat, terutama para pedagang kaki lima, yang biasa berjualan di pinggir jalan.


"Kami menggalang dana untuk membuat nasi bungkus dan dibagikan kepada masyarakat. Kami bersatu anak-anak muda dari berbagai kalangan, tidak ada kampus khusus, komunitas khusus atau golongan tertentu, semua bergabung di sini," kata Founder Aksi Kamisan Pekanbaru, Cici Rifmayanti kepada Tribun. 


Sebanyak 200 nasi kotak pun terkumpul dan siap dibagikan kepada para pedagang kaki lima dan juga masyarakat yang mencari nafkah sepanjang jalan Sudirman, juga ke arah Jalan Tuanku Tambusai.

Foto para pemuda yang tergabung dalam Aksi Kamisan Pekanbaru bersiap membagikan makanan untuk masyarakat terdampak PPKM level 4 di Pekanbaru, Kamis (5/8/2021).
Foto para pemuda yang tergabung dalam Aksi Kamisan Pekanbaru bersiap membagikan makanan untuk masyarakat terdampak PPKM level 4 di Pekanbaru, Kamis (5/8/2021). (Tribunpekanbaru.com)


Menggunakan mobil pick up, mereka mulai berkeliling sekitar 6 orang yang sudah ditugaskan untuk membagikan paket nasi kotak tersebut. Ada yang dibagikan kepada pedagang kaki 5, tukang parkir, pembersih jalan, agen travel pinggir jalan dan lainnya. 


"Idenya memang berawal dari keprihatinan kami terhadap para pedagang kaki lima yang terdampak PPKM level 4 di Pekanbaru. Mereka tidak bisa berusaha sementara, sementara mereka tetap harus makan, menghidupi keluarga. Kami membantu sebisa kami. Namun kedepan selain nasi, kami juga akan bagikan sembako rencananya setiap Kamis, akan terus berlanjut," ujar mahasiswi Hukum UIR ini.

Baca juga: Sementara Siak The Truly Malay Peringkat 2 Nominasi Brand Pariwisata Favorit API 2021, Ayo Vote


Pada aksi yang dilakukan sejak Kamis pagi tersebut, juga turut bergabung Kelompok Kopi Pekanbaru, yang merupakan pedagang kopi, yang juga terdampak, dan sekaligus turut berdonasi dan membagikan makanan tersebut. 


"Pokoknya kegiatan ini tidak terbatas untuk siapa saja boleh ikut. Kami berharap semakin banyak donasi dan semakin banyak yang dibantu kedepannya. Kalau kita lihat lebih dalam, jatuh air mata rasanya menyaksikan kesengsaraan masyarakat saat ini. Tapi kita tidak boleh larut sedih begitu saja. Kita harus bangkit dan lakukan apa yang kita bisa. Ayo bangkit bantu sesama, terutama kita sebagai kaum muda, jangan kita menyerah dengan kondisi ini. Apa yang bisa kita lakukan mari kita mulai dari sekarang. Semoga semakin banyak gerakan-gerakan membantu sesama ini dalam masa seperti ini," tuturnya.

 

--
(tribunpekanbaruWIKI.com/Alexander)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved