Ada Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Riau Tahun 2021

Pada tahun 2021 ini Pemerintah Riau merencanakan pemutihan denda pajak kendaraan bermotor, regulasinya masih dipersiapkan

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaruwiki.com/aan ramdani
Suasana pembayaran pajak kendaraan bermotor di loket pengesahan 1 tahun di Kantor Samsat Simpang Tiga, Pekanbaru, Kamis (15/4/2021) 

Ada Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Riau Tahun 2021

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Tahun 2020 lalu Pemerintah Provinsi Riau mengadakan pemutihan denda pajak kendaraan bermotor, tahun 2021 ini langkah tersebut akan kembali dilakukan karena masih dalam suasana Pandemi Covid-19.


Saat ini Panitia Khusus (Pansus) Perda Pajak Daerah, bersama Pemprov Riau mempersiapkan regulasi pemutihan denda pajak kendaraan bermotor.


"Kami di DPRD dan Bapenda sepakat ada rencana pemutihan denda pajak tahun ini, mengingat pandemi belum berakhir," ujar ketua Pansus Perda Pajak Daerah Riau Sugeng Pranoto Minggu (1/8/2021).


Sugeng mengatakan penerapan pemutihan denda pajak ini dimaksudkan untuk memudahkan wajib pajak sehingga makin semangat membayar pajak di tengah pandemi Covid 19.

Baca juga: Ikuti Wisuda Virtual, Inka Wahyuni Mahasiswi Universitas Riau Lari Ke Tepi Laut Cari Sinyal


"Ini upaya kita membantu meringankan wajib pajak yang terkendala membayar karena fokus pada kebutuhan sembakonya,"jelas Sugeng.


Selain itu juga, menurut Sugeng hal ini dimaksudkan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tahun ini mengalami penurunan.


"PAD kita mengalami penurunan, celah-celah PAD kita bisa meningkat harus kita buru, termasuk mempermudah masyarakat bayar pajak saat pandemi ini,"ujar Sugeng.


Sugeng berharap hal ini menjadi win-win solution baik kepada wajib bayar yang terkendala ekonomi maupun kepada daerah yang membutuhkan serapan dana pajak yang lebih besar untuk peningkatan PAD .


"Setelah regulasi ini selesai dan diparipurnakan DPRD Riau, akan dibentuk pula Peraturan Gubernur (Pergub) sebagai petunjuk teknis pemutihan pajak,"jelas Sugeng.


Sebagaimana diketahui tahun sebelumnya juga diterapkan pemutihan denda pajak bagi wajib pajak di Riau, program ini tentunya menambah PAD dan meringankan wajib pajak saat pandemi

Bagi wajib pajak atau masyarakat Riau nantikan dan tunggu informasi selanjutnya seputar pemutihan denda pajak kendaraan bermotor yang akan dilakukan tahun 2021 ini.

 

Baca juga: Dhapu Uty, Usaha Kue Spesialis Fudgy Brownies di Pekanbaru

Baca juga: Langgar Aturan PPKM Level 4, Sebelas Tempat Usaha di Pekanbaru Didenda

Baca juga: Beruang Madu di Indragiri Hilir Berhasil Diselamatkan dari Jerat, Kini Dirawat BBKSDA Riau

 

--

(tribunpekanbaruWIKI.com/ Nasuha Nasution)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved