Kisah Doni Saputra Rintis Usaha Jual Barang Rumah Tangga Unik

Kisah Doni Saputra dan istrinya merintis usaha jual barang-barang rumah tangga unik di Pekanbaru

Editor: Aan Ramdani
Tribunpekanbaruwiki.com
Owner Delfa Shop, Doni Saputra di tokonya Jalan Todak nomor 27 Pekanbaru.  

Kisah Doni Saputra Rintis Usaha Jual Barang Rumah Tangga Unik

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM -- Kebutuhan masyarakat saat ini banyak dimudahkan dengan pemanfaatan teknologi, terutama untuk berbelanja. Apalagi situasi pandemi, pusat perbelanjaan juga banyak yang tutup, dan aktivitas masyarakat juga banyak dilakukan rumah saja.


Bisnis online makin menjanjikan, seiring makin mudah dan cepatnya pemesanan dan pengiriman barang dilakukan. Tidak heran penjualan online terus bergairah, walau ditengah pandemi saat ini.


Salah satu bisnis online Pekanbaru, Delfa Shop misalnya, yang berpusat di Jalan Todak nomor 27, tidak jauh dari Jalan Tuanku Tambusai, tidak hanya mengirimkan barang untuk pemesanan dalam Kota Pekanbaru dan kabupaten/kota di Riau, namun se-nusantara, dari Aceh hingga Papua.


Owner Delfa Shop, Doni Saputra mengatakan, barang yang disediakan pihaknya adalah berang-barang kebutuhan rumah tangga, namun yang tergolong unik dan jarang dijual di market offline di Pekanbaru, misalnya perkakas dapur, kelengkapan di ruang tamu, kamar mandi, dan alat-alat rumah tangga lainnya, untuk memudahkan masyarakat bekerja di rumah.


"Alhamdulillah saat ini berkembang cukup pesat. Karena masyarakat akan selalu butuh perlengkapan rumah tangga, apalagi yang unik-unik dan jarang ditemukan di market offline," kata Doni kepada Tribun, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Tia Juwita, Wanita Sukses Berbisnis Kerjainan Rotan di Pekanbaru


Namun demikian, dikatakan Doni, dirinya tidak lantas bisa sukses membuka usaha dengan langsung besar saat ini. Diakuinya, dulunya ia memulai usaha tersebut dari nol. Mantan sales mobil di salah satu dealer di Pekanbaru ini awalnya mencoba menjual beberapa barang dengan istrinya, Vonny, untuk dijual melalui online.


"Dulunya istri yang mulai, ia sambil kerja coba jual-jual online. Setelah kami punya dua anak, ia kemudian berhenti di salah satu perusahaan swasta tahun 2019 lalu, kemudian dapat pesangon. Uang itu kemudian kami jadikan untuk modal, beli barang lebih banyak. Ternyata laris manis, semakin banyak banyak barang, rumah kontrakan kami pun tidak cukup untuk menampung barang, akhirnya pindah ke kontrakan baru yang lebih besar," papar Doni.


Selanjutnya dikatakan Doni, kontrakan barunya juga tidak cukup menampung lebih banyak barang. Akhirnya ia memutuskan untuk mencari ruko, sering bwrtanbahnya terus omset penjualan. Apalagi ia juga sudah fokus berjualan online tersebut dan tidak lagi bekerja di dealer mobil.


"Akhirnya kami putuskan untuk sewa ruko di Jalan Todak ini, sampai sekarang," imbuhnya. 


Kini, di toko Delfa Shop tersebut semakin banyak jualan yang dipajang. Tambah lagi ada dua karyawan yang turut membantu di toko tersebut. Ia juga masih terus melayani penjualan online, baik Marketplace, di Facebook, maupun melalui platform digital lainnya. Adapun nama tokonya di shopee, instagram dan facebook adalah delfashop_pku.

Baca juga: Desi Wahyuni, Berhasil Jalani Usaha Apotek di Pekanbaru


"Nama Delfa itu merupakan singkatan nama anak-anak kami, Delisa dan Sifa. Dari awal pakai nama itu sampai sekarang. Untuk saat ini kami juga ada ambil barang langsung dari luar negri, yakni dari China, khusus untuk mainan," ujarnya. 


Sementara itu, untuk penjualan dimasa pandemi dikatakan Doni sebenarnya cukup bagus. Hanya saja selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) penjualan agak sedikit menurun.


"Selama PPKM ini memang berdampak ke penjualan, agak menurun. Mungkin disebabkan perekonomian masyarakat menurun dan berdampak kepada daya beli masyarakat. Semoga pandemi cepat berakhir," tuturnya.

Baca juga: Riri Sulaiman, Aktif Jalankan Beberapa Usaha

Baca juga: Fanji Giovani, Polisi Riau Yang Sukses Jadi Gamer

Baca juga: Habib Ramadhan Kenalkan Adat dan Budaya Kampar Riau Lewat Youtube


--
(tribunpekanbaruWIKI.com/Alexander)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved