Asrama Haji Riau Disulap Jadi Rumah Sakit Darurat Covid-19

Pemerintah Riau saat ini sedang mempersiapkan Asrama Haji Riau di Jalan Mekar Sari, Pekanbaru menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Suasana pasien covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan sedang menjalani isolasi mandiri di Asrama Haji Riau yang terletak di Jalan Mekar Sari, Pekanbaru 


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Pemerintah Provinsi Riau saat ini sedang mempersiapkan Asrama Haji Riau yang terletak di Jalan Mekar Sari, Pekanbaru menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19.

Pantauan tribunpekanbaruWIKI.com, sejumlah pekerja tampak sibuk memasang instlasi pipa oksigen , Kamis (29/7/2021).


Rumah sakit darurat Covid-19 ini memanfaatkan lantai 1 gedung asrama haji Riau . Sebelumnya Asrama Haji Riau ini memang sudah menjadi tempat isolasi mandiri bagi pasien covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan.

Kamar-kamar yang ada di lantai 1 asrama haji Riau ini akan direkayasa sedemikian rupaya. Sehingga pasien yang dirawat di ruangan yang ada diasrama haji ini serasa berada di rumah sakit sungguhan. 


Di ruang rawat Rumah Sakit Darurat Covid-19 ini nanti akan dilengkapi dengan tempat tidur atau bed seperti yang ada di rumah sakit. Kemudian di ruangan tersebut juga disiapkan instalasi oksigen dan infus serta obat-obatan.


Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan sejauh ini operasional rumah sakit darurat Covid-19 masih digesa.

Baca juga: Daftar 31 Titik Jalan yang Disekat Saat PPKM Level 4 di Pekanbaru


“Hari ini sudah mulai memasang pipanisasi oksigen. Sejauh ini, untuk oksigen di Riau tak ada masalah. Kita juga sudah memberikan bantuan oksigen ke Sumbar. Kami juga mengagendakan untuk peninjauan lokasi hari ini,” kata Gubernur Riau, Syamsuar Kamis (29/7/2021)


Syamsuar menambahkan, sejauh ini proses pengerjaan dan persiapan agar asrama haji Riau segera difungsikan sebagai rumah sakit darurat tengah dikebut. Sayang, Syamsuar tidak bisa memastikan kapan rumah sakit ini akan dioperasionalkan.


Dia menambahkan, kehadiran rumah sakit darurat covid-19 di Riau hasil kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk dari industri farmasi dan industri penyedia oksigen di Riau. Rumah sakit ini akan dipakai untuk penanganan terhadap pasien covid-19 dengan gejala sedang dan ringan.


“Harapan kami rumah sakit ini segera beroperasi. RS ini hanya untuk merawat pasien bergejala sedang dan ringan. Sedangkan pasien covid-19 dengan gejala berat akan tetap mendapatkan perawatan di rumah sakit,” katanya.

Halaman selanjutnya

 

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved