Pekanbaru Terapkan PPKM Level 4 Mulai Senin 26 Juli 2021

Kota Pekanbaru akan memberlakukan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pekanbaru melakukan penyekatan jalan dalam Pengetatan PPKM Mikro di Pekanbaru 

Pekanbaru Terapkan PPKM Level 4 Mulai Senin 26 Juli 2021


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM-Kota Pekanbaru salah satu Kota dari 37 Kabupaten/Kota di luar Jawa dan Bali yang akan memberlakukan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 mulai, Senin 26 Juli 2021 hingga dua pekan kedepan.


Rencana penerapan PPKM level 4 di Kota Pekanbaru ini mendapat tanggapan beragam dari masyarakat.

Sejumlah masyarakat mengaku siap mengikuti poin aturan dalam PPKM level 4. Tapi dengan catatan kebutuhan harian dipenuhi pemerintah.

"Kami ikuti aturan, tapi kalau bisa solusi untuk kebutuhan kami," jelas Nurhalimah salah seorang warga kepada tribunpekanbaruWIKI.com, Jumat (23/7/2021).

Dirinya berharap pemerintah tidak terlalu membatasi aktivitas masyarakat selama PPKM level 4. Apalagi banyak pembatasan selama penerapan PPKM yang hampir sama dengan PPKM darurat ini.

Baca juga: Kelompok Tani Hutam Suka Maju Sinaboi Kompak Lakukan Persiapan Pembibitan Mangrove

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menegaskan bahwa masyarakat masih bisa beraktivitas. Sejumlah sektor masih bisa beraktivitas selama PPKM level 4.

Firdaus mengatakan bahwa supermarket, pasar tradisional, toko klontong dan swalayan hanya bisa kapasitas yang terisi hanya 50 persen.
Operasional aktivitas di lokasi itu hingga pukul 20.00 WIB.

Pasar tradisional yang menjual barang di luar kebutuhan sehari-hari hanya buka hingga pukul 15.00 WIB. Mereka juga harus menerapkan kapasitas 50 persen dengan protokol kesehatan yang ketat.

PKL, toko klontong, agen voucher, pangkas rambut, laundry, bengkel, cucian kendaraan dan usaha kecil lainnya bisa buka hingga pukul 20.00 WIB. Pengaturannya dilakukan oleh pemerintah daerah guna memastikan pengelola menerapkan protokol kesehatan ketat.

Warung makan, lapak jajanan dan PKL bisa buka hingga pukul 21.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pengunjung hanya bisa berada di sana selama 30 menit.

Satpol PP Kota Pekanbaru bersama aparat gabungan melakukan sosialisasi pengetatan PPKM mikro, Rabu (7/7/2021) malam
Satpol PP Kota Pekanbaru bersama aparat gabungan melakukan sosialisasi pengetatan PPKM mikro, Rabu (7/7/2021) malam (tribunpekanbaru.com)

Baca juga: Ratusan Ribu Warga Pekanbaru Belum Suntik Vaksin Covid-19

"Aktivitas makanan di tempat umum hanya menerima layanan delivery atau take away," jelasnya

Dirinya menjelaskan ada sejumlah sektor yang tetap bisa beraktivitas selama PPKM level.4.
Sektor esensial di antaranya sektor keuangan, perbankan, pasar modal, teknologi informasi, hotel non karantina dan industri ekspor.

Kemudian sektor kritikal menerapkan work from office secara ketat. Sektor ini meliputi sektor keamanan, kesehatan, logistik, industri makanan dan minuman, penanganan bencana, proyek strategis nasional, konstruksi, listrik, air dan industri pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Firdaua mengaku bahwa hanya sektor non esensial memberlakukan work from home seratus persen. Sektor industri ekspor dan penunjangnya cuma bisa 50 persen untuk tiap shift.

Baca juga: Meski Pandemi Covid-19, Capaian Pajak Restoran di Pekanbaru Capai Rp 49 Miliar

Petugas medis mengambil satu sampel swab test atau tes usap dari seorang pengunjung kuliner malam di Kota Pekanbaru, Minggu (23/5/2021)
Petugas medis mengambil satu sampel swab test atau tes usap dari seorang pengunjung kuliner malam di Kota Pekanbaru, Minggu (23/5/2021) (Istimewa)

Mereka mesti terapkan protokol kesehatan yang ketat. Aktivitas konstruksi bisa beropasi seratus persen dengan catatan harus menerapkan protokol kesehatan yang
ketat.

Pusat perbelanjaan, mal dan pusat perdagangan tutup sementara. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara online.

Aktivitas ibadah masyarakat bisa dilaksanakan di rumah saja selama PPKM level 4. Kegiatan yang menimbulkan keramaian atau resepsi pernikahan ditiadakan selama PPKM level 4.

Ruang publik tutup sementara selama PPKM level 4.  Transportasi umum hanya bisa beroperasi selama PPKM level 4 dengan kapasitas 70 persen. Mereka harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Masyarakat yang hendak melakukan perjalanan jauh harus menujukkan kartu vaksin. Mereka yang penumpang pesawat harus berbekal PCR H-2.

Baca juga: Sudah 3.160 Pelamar Daftar Seleksi CPNS Pemprov Riau

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved