Ratusan Ribu Warga Pekanbaru Belum Suntik Vaksin Covid-19

Ada 547.086 orang belum mendapat suntikan vaksin di Kota Pekanbaru. Yang mendapat suntikan vaksin sebanyak 845.274 orang.

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaruwiki.com/aan ramdani
Seorang ASN di Diskominfotik Riau mengikuti vaksinasi massal di Gelanggang Remaja, Kota Pekanbaru, (tribunpekanbaruwiki.com/aan ramdani) 

Ratusan Ribu Warga Pekanbaru Belum Suntik Vaksin Covid-19


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM-
Ada 547.086 orang belum mendapat suntikan vaksin di Kota Pekanbaru. Jumlah masyarakat yang mesti mendapat suntikan vaksin sebanyak
845.274 orang.

Mereka yang menerima suntikan vaksin bertambah seiring anak usia 12 hingga 17 tahun ikut disuntik vaksin. Saat ini baru 298.188 orang sudah suntik vaksin covid-19.

Pasokan vaksin covid-19 untuk Kota Pekanbaru belum kunjung datang. Kondisi ini menjadi kendala dalam vaksinasi bagi masyarakat.

"Mudah-mudahan segara dikirim pemerintah pusat," terang Wali Kota Pekanbaru, Firdaus kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (21/7/2021).

Vaksinator akan memberikan vaksin kepada peserta vaksinasi massal tahap ke 2 di Gelanggang Remaja Pekanbaru, Senin (1/3/2020). (tribunpekanbaruwiki/com/ aan ramdani)
Vaksinator akan memberikan vaksin kepada peserta vaksinasi massal tahap ke 2 di Gelanggang Remaja Pekanbaru, Senin (1/3/2020). (tribunpekanbaruwiki/com/ aan ramdani) (tribunpekanbaru.com / aan ramdani)

Baca juga: Daftar Harga Kelapa Sawit di Riau Priode 21-27 Juli 2021

Menurutnya, pemerintah kota sudah mengajukan pasokan tambahn vaksin. Ia berharap ada alokasi untuk Kota Pekanbaru dari total 41.000 dosis vaksin yang segera dikirimkan ke Provinsi Riau.

Firdaus tidak menampik bahwa percepatan vaksinasi masih terkendala. Ia mengaku kondisi ini karena keterbatasan pasokan vaksin.

Dirinya mengaku masih banyak masyarakat yang belum mendapat suntik vaksin. Ia mengimbau masyarakat untuk bersabar menanti pasokan vaksin datang.


Cuma Terima 300 Vial Dosis

Kota Pekanbaru hanya menerima sedikit pasokan tambahan vaksin covid-19. Jumlahnya cuma 300 vial yang hanya cukup untuk 3.000 dosis penerima.

Padahal saat ini Kota Pekanbaru butuh 82.000 dosis. Jumlah tersebut hanya untuk suntikan vaksin dosis kedua.

Kondisi ini membuat vaksinasi bagi masyarakat jadi terkendala. Padahal ada 500 ribu orang lebih belum dapat suntik vaksin covid-19.

Presiden Jokowi Dodo didampingi Gubernur Riau Syamsuar dan Walikota Pekanbaru Firdaus MT saat menyaksikan penyuntikan vaksin covid-19 di Gelanggang Remaja, Rabu (19/5/2021)
Presiden Jokowi Dodo didampingi Gubernur Riau Syamsuar dan Walikota Pekanbaru Firdaus MT saat menyaksikan penyuntikan vaksin covid-19 di Gelanggang Remaja, Rabu (19/5/2021) (Istimewa)

Baca juga: Satgas Covid-19 Klaim Stok Plasma Konvalesen Aman

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus tidak menampik jumlah pasokan vaksin yang terbatas. Ia menyebut bahwa petugas di rumah sakit dan puskesmas siap melayani suntik vaksin.

"Tapi kuota vaksin yang terbatas, jumlahnya kecil. Kebutuhan kita mencapai 80 ribu lebih untuk vaksin dosis kedua," ujarnya kepada Tribunpekanbaru.com, Jumat (23/7/2021).

Menurutnya, vaksin yang ada saat ini hanya bagi penerima dosis kedua. Jumlahnya pun tidak mencukupi kebutuhan dosis kedua hingga awal Agustus 2021.

Firdaus menyebut bahwa pasokan vaksin memang terkendala. Ia mengaku pemerintah kota berupaya agar kebutuhan vaksin tercukupi.

"Kebutuhan kita banyak, nanti kita distribusikan sesuai kondisi. Saat ini fokus pada penerima dosis kedua," terangnya.

Pemerintah kota berupaya menggesa percepatan vaksinasi. Namun terkendala pasokan vaksin sehingga vaksinasi belum bisa optimal.

Ada 547.086 orang belum mendapat suntikan vaksin di Kota Pekanbaru.
Total jumlah masyarakat Kota Pekanbaru yang mesti mendapat suntikan vaksin sebanyak
845.274 orang.

"Kita pun prioritaskan untuk vaksin dosis kedua untuk saat ini," jelasnya.

Dirinya menyebut bahwa pemerintah berupaya menekan kasus covid-19 yang sempat meningkat. Bahkan menempatkan Kota Pekanbaru di zona merah.

 

Baca juga: Sedang Latihan Terbang, Pesawat Tempur F-16 Temukan Titik Karhutla di Kampar

Baca juga: Meski Pandemi Covid-19, Capaian Pajak Restoran di Pekanbaru Capai Rp 49 Miliar

 

--
(tribunpekanbaruWIKI.com/Fernando Sikumbang) 

Ikuti kami di
KOMENTAR
1374 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved