Penyembelihan Hewan Kurban di Zona Merah dan Zona Oranye di Pekanbaru Disarankan di Rumah Potong

Penyembelihan Hewan Kurban di Zona Merah dan Zona Oranye di Pekanbaru Disarankan di Rumah Potong

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Sejumlah sapi yang dijual sebagai hewan kurban berada di dalam kandangnya di kawasan Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru, Rabu (24/7/2019). (Tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir). Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul 90 persen Hewan Kurban Riau Dipasok Provinsi Lain, Pastikan Kondisi Hewan Kurban Sehat, https://pekanbaru.tribunnews.com/2019/07/24/90-persen-hewan-kurban-riau-dipasok-provinsi-lain-pastikan-kondisi-hewan-kurban-sehat. Penulis: Syaiful Misgio Editor: Ilham Yafiz 

Penyembelihan Hewan Kurban di Zona Merah dan Zona Oranye di Pekanbaru Disarankan di Rumah Potong

TRIBUNPEKANBARU.COM- Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mendorong panitia penyelengara kurban di masjid dan mushala bisa memotong hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH). Ia menyebut hal itu menjadi satu poin arahan dari Menteri Agama RI terkait pemotongan hewan kurban pada Idul Adha 1442 H dalam pandemi covid-19.

"Kita berupaya agar proses pemotongan hewan kurban digelar di rumah potong hewan," terangnya kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (13/7/2021).

Menurutnya, proses pemotongan hewan kurban menyesuaikan dengan kapasitas dari RPH. Ia menyatakan bahwa sapi kurban dari jajaran pemerintah kota semuanya dipotong di rumah potong hewan.

Dirinya tidak menampik bahwa kapasitas RPH masih terbatas. Ia pun mempersilahkan masyarakat di kelurahan zona hijau dan kuning memotong hewan kurban di lingkungannya.

Sapi Limousin milik peternak di Bengkalis terpilih sebagai sapi qurban Presiden Jokowi
Sapi Limousin milik peternak di Bengkalis terpilih sebagai sapi qurban Presiden Jokowi (Tribunpekanbaru.com)

Mereka nantinya harus melakukan proses pemotongan dengan disiplin penerapan protokol kesehatan yang ketat. Kelurahan zona merah dan zona oranye tidak bisa menyelenggarakan pemotongan hewan kurban di kawasannya.

"Mereka bisa memotong hewan kurban di rumah potong hewan yang ada," paparnya.

Firdaus menyebut ada waktu tiga hari pemotongan hewan kurban dalam Idul Adha. Mereka bisa berbagi jadwal pemotongan hewan kurban di RPH.

Dirinya yakin dalam tiga hari proses pemotongan hewan kurban di PRH bisa tuntas. Kebijakan ini karena pemotongan hewan kurban tidak bisa dilakukan di zona merah dan oranye covid-19.

"Bisa dibagi jadwalnya, agar bisa terlayani oleh rumah potong hewan," paparnya.

Baca juga: 2.639 Balita di Riau Terpapar Covid-19

Baca juga: Mengenal Sosok Sri Fitria Retnawati, Wakil Rektor I UMRI

--

(tribunpekanbaruWIKI.com/Fernando Sikumbang) 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved