Perusda Rokan Hulu Jaya Perkenalkan Produk Batik Corak Rohul Kepada Wagubri

Perusda Rokan Hulu Jaya Perkenalkan Produk Batik Corak Rohul Kepada Wagubri

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Manajemen Perusda Rokan Hulu Jaya saat memperkenalkan produk batik dari Perusda Rokan Hulu Jaya kepada Wagubri.  

Perusda Rokan Hulu Jaya Perkenalkan Produk Batik Motif Rohul Kepada Wagubri


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Sejak dilaunching pada Selasa (6/7/2021) lalu, Batik yang bercorak dan bercirikan khas Melayu Rohul kini terus diterus dikembangkan dan dipromosikan oleh Perusahaan Umum Daerah Rokan Hulu Jaya (Perumda RHJ).


Tak hanya wilayah Rohul, tetapi juga menjangkau ke seluruh Provinsi Riau. Sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) Perumda RHJ juga memperkenalkan sekaligus memasarkan batik batik corak khas Melayu Rohul hasil kerjasama Maestro Seniman Rohul dan Perumda Rohul Jaya ke Bupati Rohul H. Sukiman serta Wakil bupati H.Indra Gunawan, termasuk ke Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra.


"Alhamdulilah, Bupati, Wabup Rohul juga Ketua DPRD, memberikan apresiasi serta dukungan penuh ke Perumda Rohul Jaya, karena sudah produksi batik corak Rohul. Ada tiga jenis motif batik yang kita produksi yakni, Suluo Kekaik, Sesuli Banja serta Sicuriang," kata Dirut Perumda Rohul Jaya didampingi Fitria Ruliani Direktur Pengembangan Bisnis, Minggu (11/7/2021).


Marjeni menambahkan, proses perancangan batik khas Melayu Rohul sudah dimulai 1 Januari 2021 di Pasir Pangaraian, pada Galery Maestro Seniman Rohul Junaidi Syam.


Diakui Marjeni, Batik Melayu Rohul sudah dilaunching Selasa 6 Juli 2021 di Perumda Rohul Jaya, yang merupakan kreasi dari kreativitas anak Negeri perlu ditumbuh kembangkan serta diproduksi di percetakan Yogyakarta 1 April 2021.

 

Baca juga: Kue Melako Kuah, Sajian Khas Rokan Hulu Riau


"Batik Melayu khas Rohul sudah dikembangkan dan dipasarkan Batik di Perumda Rohul Jaya 31 Maret 2021. Pada 8 Juli 2021 Perumda Rohul Jaya juga sudah teken MoU dengan Junaidi Syam," kata Marjeni.


Dirut Perumda Rohul Jaya Marjeni juga gencar promosikan batik khas Melayu Rohul, bahkan sudah ke Provinsi Riau. Pada Sabtu (10/7/2021) kemarin, Ia mempromosikan langsung ke Wakil Gubenur (Wsgubri) Riau H. Edy Natar Nst.


Brigjen TNI Purn Edy Natar memberikan apresiasi dan dukungan ke Perumda Rohul Jaya yang sudah produksi batik khas Rohul. Marjeni didampingi Fitria Ruliani Direktur Pengembangan Bisnis Prumda Rohul Jaya, berterima kasih atas dukungan dan apresiasi Wagubri.


"Dalam kunjungan kita dengan Wagubri didampingi Wakil Ketua TP PKK Riau di Pekanbaru, pak Wagubri memesan 30 pieces Batik corak khas Rohul. Wagubri mendukung penuh Perumda Rohul Jaya  dengan produksi batik Corak Melayu Rohul hasil kreasi Mastro seniman anak Negeri Seribu Suluk, kerjasama dengan Perumda Rohul Jaya," sebut Marjeni.


Tambah Marjeni, Perumda Rohul Jaya sangat menghargai karya seniman Rohul karena batik yang diproduksi berpedoman pada nasihat orang tua tua terdahulu.

Baca juga: Tradisi Mandai Ulutaon di Rokan Hulu Riau


“Melalui terobosan corak batik Melayu Rohul, kami berharap selain dapat dikembangkan bisnis perdagangan Perumda Rohul Jaya sekaligus agar dapat mengembangkan khazanah budaya Rohul,” harap Marjeni.


Bupati H Sukiman dan Wabup Rohul H Indra Gunawan ditempat terpisah, juga memberi apresiasi dengan dilaunchingnya batik corak khas Rohul yang sudah ikut berikan apresiasi dan bangga terhadap karya anak Negeri Seribu Suluk.


Bupati H. Sukiman sangat menyambut baik serta memberi apresiasi setinggi tingginya ke Seniman Rohul, Junaidi Syam dan Marjeni selaku Dirut Perumda Rohul Jaya.


“Keduanya mampu membuat dan memasarkan batik corak Melayu Rohul  yang merupakan sejarah bagi masyarakat Rohul. Ini sangat membanggakan dan sudah membawa nama baik Negeri Seribu Sukuk," sebut Bupati Sukiman.

Baca juga: Melihat Istana Rokan di Kabupaten Rokan Hulu Riau

Baca juga: Negri Seribu Suluk Kabupaten Rokan Hulu

--

(tribunpekanbaruWIKI.com/Syahrul Ramadhan)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved