Pemprov Riau Jalin Kerja dengan Kepri, Mulai dari Sektor Pariwisata Hingga Perikanan

Pemprov Riau Jalin Kerja dengan Kepri, Mulai dari Sektor Pariwisata Hingga Perikanan

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Gubernur Riau H Syamsuar dan Sekda Prov Kepri Dr Ir Lamidi Penandatanganan perjanjian kerja sama di Lagoy Resort Kabupaten Bintan Provinsi Kepri, Jumat (09/07/21). 

Pemprov Riau Jalin Kerja dengan Kepri, Mulai dari Sektor Pariwisata Hingga Perikanan

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM-- Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau adalah dua daerah otonomi yang memiliki hubungan sangat erat. Kedua daerah yang dulunya merupakan satu provinsi ini juga memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah dan saling terkait.

Riau dengan potensi alam agraris dan Kepri dengan potensi baharinya. Kedua hal inilah yang kemudian menjadi alasan dilakukannya kerja sama antara kedua daerah.

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dilaksanakan di Lagoy Resort Kabupaten Bintan Provinsi Kepri, Jumat (09/07/21).

Istana Siak di Siak Sri Indra Pura, Kabupaten Siak, Riau terlihat dari kejauhan
Istana Siak di Siak Sri Indra Pura, Kabupaten Siak, Riau terlihat dari kejauhan (tribunpekanbaruwiki.com/aan ramdani)

Baca juga: Gerakan Wakaf Seribu Rupiah di Siak Berhasil Bangun Ruko Untuk Ponpes Darul Hadits

Perjanjian Kerjasama dalam pembangunan daerah itu langsung ditanda tangani Gubernur Riau H Syamsuar dari Pemerintah Provinsi Riau. Sementara pihak Pemprov Kepri ditanda tangani oleh Sekda Prov Kepri Dr Ir Lamidi MM.

Dalam sambutannya sebelum penandatanganan MoU, Gubri kengatakan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah sebagai bentuk upaya memaksimalkan pembangunan, pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu kerja sama antar daerah juga merupakan amanat undang-undang otonomi daerah.

"Kita hadir di sini dengan satu harapan bersama, yaitu mendorong terwujudnya akselerasi pembangunan, peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat di kedua provinsi melalui pendekatan kerjasama yang berlandaskan prinsip sinergitas, saling menguntungkan dan saling melengkapi," kata Gubri Syamsuar.

Baca juga: Tim Sepak Takraw Meranti Turunkan 5 Atlet di Kejurda Pelajar Riau 2021

Pada kesempatan Gubri menyampaikan beberapa usulan kerja sama yang ingin dijalin dengan Pemprov Kepri. Setidaknya ada enam sektor yang akan dijalin kerjasamanya dengan Pemprov Kepri. Diantaranya adalah sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, perhubungan, kesehatan, pendidikan, perikanan dan pengelolaan kawasan perbatasan.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Gubri, Gubernur Kepri yang diwakili Sekda Prov Kepri Dr Ir Lamidi MM menyampaikan bahwa kerja sama yang dijalin antara dua daerah akan sangat membantu dalam penerapan pembangunan daerah yang efektif dan efisien.

"Provinsi Riau dan Kepri ini memiliki hubungan historis yang erat dan ada keterkaitan potensi sumber daya alam yang melimpah," kata Lamidi.

Baca juga: 55 Pasien Covid-19 Jalani Isolasi Mandiri di Asrama Haji Riau

--
(tribunpekanbaruWIKI.com/ Syaiful Misgiono)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved