Modifiksi Mercy Mini, Mobil Tahun 1971

Mercedes Benz W115 atau Mercy Mini merupakan kendaraan tua yang menjadi salah satu favorit bagi pecinta mobil antik.

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Modifikasi Mercy Mini 

Modifiksi Mercy Mini, Mobil Tahun 1971

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Mercedes Benz W115 atau Mercy Mini merupakan kendaraan tua yang menjadi salah satu favorit bagi pecinta mobil antik.

Mercy Mini dimiliki oleh salah satu modifikator di Pekanbaru bernama Iwan, Mercy Mini milik Iwan ini keluarn tahun 1971.

Usia mobil Mercy Mini ini bahkan 14 tahun lebih tua dari pemuda kelahiran 1985 ini.

Sebagai pecinta mobil antik Iwan pun melakukan modifikasi atau restorasi terhadap mobil kesayanganya ini.

Restorasi dimaksudkan mengembalikan keaslian mobil antik tersebut sesuai standar rilisan pabrik.

Sedan mewah di masanya ini mulai jatuh ke tangan Iwan sejak 2019. "Kondisinya mati total dua tahun," ungkap Iwan kepada tribunpekanbaru.com saat dijumpai di toko variasi mobil miliknya, Royal Audio Design yang berlokasi di Jalan SM Amin, Pekanbaru, Senin (28/6/2021).

Iwan melakukan restorasi beberapa bagian mobil bertransmisi manual dengan mesin berkapasitas 2.400 cc 4 silinder ini. Restorasi teranyar adalah pada warna bodi sekaligus memulihkan bodi yang sudah keropos.

Iwan berada di ruang kemudi Mercy Mini miliknya yang sudah dimodifikasi
Iwan berada di ruang kemudi Mercy Mini miliknya yang sudah dimodifikasi (Istimewa)

Baca juga: Modifikasi Honda Brio Ala Drag Race, Tetap Nyaman Untuk Harian

Baca juga: Modifikasi Daihatsu Sigra Jadi Ceper dan Feminim

Ia mengembalikan warna aslinya merah. "Pas saya beli warnanya sudah putih. STNK-nya merah. Jadi saya kembalikan ke merah," ujarnya. Selain itu, beberapa onderdil juga dikembalikan ke aslinya.

Iwan mencontohkan, karburator, spion copotan dari Toyota Kijang serta pakem rem. Ia menggantinya dengan bawaan asli mobil ini. Ia mempertahankan standar mesin tanpa modifikasi.

Pembuangan emisi mesin terhubung ke knalpot yang telah digantinta dengan racing. Ia memodifikasi knalpot menjadi dua muffler. Kedua corong muffler aktif.

Dari keseluruhan restorasi, masih menyisakan kaca depan yang harus diganti karena ada keretakan. Berburu onderdil bawaan prabik bukan perkara mudah.

Iwan masih mencari kaca yang depan yang asli. Menurut dia, beberapa onderdil mobil dengan beda tahun pembuatan tidak sama, walau serinya sama. Kebanyakan untuk kaca dan klep. Di sini kesulitannya. "(Mencari onderdil bawaan) Mercy Mini memang agak susah," ungkapnya.

Iwan mempertahankan kaca yang bening. Sehingga keantikan interior terlihat jelas dari luar. Ia memasang motor power window copotan dari Mercy keluaran lebih baru untuk kaca pintu.

Pada interior, Iwan melakukan beberapa perombakan yang tidak jauh berarti dari aslinya. Hanya, ia mengganti kemudi dengan power steering Mercy keluaran 1980-an. Fitur yang sudah mati seperti indikator, diaktifkan kembali.

Ia menutup bagian dasbor dengan bahan kulit sintetis warna krem untuk menghadirkan elegansi dalam kesan klasik. Di samping itu, ia menambahkan sistem audio dengan 1 unit subwoofer dan 2 power yang menghabiskan tempat di bagasi belakang.

Iwan tertarik dengan mobil jenis ini karena selain antik, pun langka. "Satu-satunya di Riau. Kalau di Indonesia, cuma hitungan jari," katanya. Ia menyabet prestasi dari modifikasi mobil lawasnya berkonsep klasik yang dikerjakan sekitar satu tahun ini.

Mobil kesayanganya keluar sebagai The Best Clasic, Static Slam dan Instagram Like terbanyak. Ketiga prestasi tersebut diraih sekaligus dalam satu kontes di Transmart Pekanbaru pada Februari 2021.

Baca juga: Andre Berburu Onderdil Ke Luar Negri Untuk Modifikasi Honda Civic Ferio

Baca juga: Sardi Mayanto Modifikasi Toyota Yaris Jadi Lebih Elegan

Mercy Mini berwarna merah
Mercy Mini berwarna merah (Istimewa)


Ceper Camberkan Roda

Iwan memodifikasi sedikit pada sektor kaki-kaki Mercy Mininya. Ia merendahkan bodi mobilnya dari posisi standar alias ceper.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved