Pemkab Siak Luncurkan Kampung Zakat di Bungaraya, Pertama di Riau

Kepala Kanwil Kementerian Agama Riau DR Mahyudin, meluncurkan program Kampung Zakat di Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Bupati Siak Alfedri tandatangani plang peluncuran kampung zakat di kampung Bungaraya, kecamatan Bungaraya, Rabu (30/6/2021). 

Pemkab Siak Luncurkan Kampung Zakat di Bunga Raya, Pertama di Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Kepala Kanwil Kementerian Agama Riau DR Mahyudin, meluncurkan program Kampung Zakat yang ditaja oleh Camat dan KUA Bungaraya. Hal ini sebagai upaya agar pengumpulan zakat semakin meningkat dan penyaluran zakat cepat dan terarah.

Mahyudin bersyukur bisa hadir sekaligus meluncurkan program Kampung zakat tersebut. Ia berharap potensi zakat di kecamatan Bungaraya bisa tergali dengan baik. Sehingga para mustahik bisa memanfaatkan hasil pengumpulan dana zakat tersebut.

"Saya bersyukur bisa hadir disini, dan berharap ini menjadi 'role model' dan mudah-mudahan dikembangkan di kecamatan lain di Siak maupun daerah lain di Provinsi Riau," kata Mahyudin, Rabu (30/6/2021).

Sementara itu Bupati Siak Alfedri menuturkan, program kampung zakat ini adalah yang pertama di Kabupaten Siak dan di provinsi Riau. Program ini diinisiasi oleh Unit Pengumpul Zakat yang bekerja sama dengan KUA dan Camat Bungaraya serta Baznas Kabupaten Siak," kata Alfedri.

Baca juga: PPKM Darurat Segera Diberlakukan, Wawako Pekanbaru Imbau Masyarakat Tidak Bepergian Ke Jawa-Bali

Gagasan sebagai ikhtiar untuk meningkatkan pengumpulan zakat sehingga pendistribusian dana zakat untuk pemberdayaan masyarakat bisa lebih baik.

"Dengan luas lahan pertanian padi 2.300 hektar di kecamatan Bungaraya ini, potensi zakat Rp 2- 5 miliar setahun bisa dicapai," sebut Alfedri.

Setelah peluncuran kampung Bungaraya sebagai kampung zakat, ia meminta Baznas Siak membuat pemetaan potensi zakat. Kemudian membuat data pihak yang sudah membayar zakat.

Ketua Baznas Siak, Abdul Rasyid Suharto mengatakan, kampung zakat merupakan salah satu program untuk membantu mustahik. Diantaranya warga kurang mampu, lanjut usia (lansia) dan untuk permodalan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Baca juga: Nikmati Durian Tembaga khas Bengkalis yang Mulai Langka

Menurutnya, ada 3 hal penting yang dicapai dalam program itu. Pertama, peningkatan dalam pengumpulan zakat, kemudian pemberdayaan untuk umat, dan untuk penguatan Kelembagaan.

"Selanjutnya, zakat yang dikembangkan disini nantinya akan digunakan untuk kesehatan, ekonomi, pendidikan, dakwah dan untuk kemanusiaan," ujar Rasyid.

Di kesempatan itu Bupati Alfedri melakukan pengukuhan Pengurus UPZ kecamatan Bungaraya, UPZ Kampung Bungaraya, Jatibaru dan Kampung Tuah Indrapura.

Baca juga: Harimau Sumatra Makan Kambing Milik Warga di Siak Riau

--
(tribunpekanbaruWIKI.com/mayonal putra)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved