Stok Tabung Oksigen di Pekanbaru Mulai Berkurang

Stok Tabung Oksigen di Pekanbaru Mulai Berkurang ditengah pandemi covid-19

Editor: Aan Ramdani
tibunpekanbaru.com/ Doddy Vladimir
Tabung Oksigen di Apotek Asean Jalan A Yani, Pekanbaru, Rabu (30/6/2021) 

Stok Tabung Oksigen di Pekanbaru Mulai Berkurang


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Tingginya permintaan tabung oksigen medis membuat harganya naik dan menipisnya stok oksigen ditengah pandemi covid-19 hingga kosong.

Kondisi ini juga mulai terlihat di beberapa apotek penjual tabung oksigen di Kota Pekanbaru. Meski demikian masih ada juga apotek yang menyediakan stok tabung oksigen.

Berdasarkan penelusuran tribunpekanbaru.com ke beberapa apotek di Jalan Tuanku Tambusai dan Jalan Ahmad Yani Pekanbaru, hasilnya ada yang tersedia sampai 2 pekan kedepan dan ada juga yang kosong.

Seperti di Apotik Asean 2 Jalan Ahmad Yani saat ini stok tabung oksigen tengah kosong dan harganya juga mulai naik.

Menurut Manager Apotik Asean 2 Faisal stok oksigen diapotiknya sudah kosong sejak 3 hari yang lalu. "Ketika kita pesan ke Jakarta pengirimannya masih pending," ujar Faisal kepada tribunpekanbaru.com, Rabu (30/6/2021).

Baca juga: Sejak Diluncurkan, Drive Thru Polda Riau Sudah Layani 462 Pemohon Perpanjang SIM

Baca juga: Harimau Sumatra Makan Kambing Milik Warga di Siak Riau

Kemudian harganya juga sudah naik mulai dari ukuran 1 kubik sampai 6 kubik. "Untuk 1 kubik biasanya harga Rp 550 ribu naik jadi Rp 600 ribu, ukuran 1,5 kubik dari harga Rp 750 ribu naik jadi Rp 800 ribu dan ukuran 2 kubik dari Rp 950 ribu naik jadi Rp 1 juta,"

Sementara itu di Apotik Nasional stok juga sudah menipis dan hanya tinggal beberapa hari saja. "Sedangkan di distributor saat ini juga sudah mulai langka dan ditambah lagi harganya juga naik 1 kubik sekarang mencapai Rp 900 ribu," ujar pegawai Apotik Nasional Jalan Ahmad Yani Tesa.

Sedangkan di Apotik Kimia Farma Jalan Tuanku Tambusai stok masih ada sampai 2 pekan kedepan.

Pharmacy Mananger Apotek Kimia Farma 518 yang sekaligus PIC Kimia Farma Corona Prevention Centre Kimia Farma Apotek UB Pekanbaru Thedy Erdius Pratama S.Farm Apt mengatakan, saat ini stok tabung oksigen ditempatnya masih aman sampai 2 pekan kedepan.

"Bahkan untuk harganya masih normal, untuk set tabung besar sudah includ tabung dan regulator Rp 1,3 juta. Tapi untuk tabung kaleng masih kosong di distributor," ujar

Ketika ditanya apakah ada yang membeli partai besar atau memborong? Thedy mengatakan, untuk saat ini tidak ada dan masih standart.

Seperti diketahui, lonjakan kasus covid-19 didaerah Jakarta dan sekitarnya membuat tabung oksigen ini banyak diburu sehingga terjadi kelangkaan.

Mengingat banyaknya pasien dan keluarga pasien yang membutuhkan oksigen sebagai alat bantu pernapasan.

Baca juga: Beef Haus, Tempat Barbeku di Pekanbaru

Baca juga: BWA Salurkan 22.248 Al-Quran di Riau


--
(tribunpekanbaruWIKI.com/Rino Syahril)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved