Nikmati Durian Tembaga khas Bengkalis yang Mulai Langka

Nikmati Durian Tembaga khas Bengkalis yang Mulai Langka.Durian Bengkalis cukup terkenal lengendaris bagi masyarakat Riau.

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Pedagang durian di Jalan Diponegoro Bengkalis 

 


Nikmati Durian Tembaga khas Bengkalis yang Mulai Langka

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Durian Bengkalis cukup terkenal lengendaris bagi masyarakat Riau. Bagi mereka yang pernah mencicipi nikmatnya durian Bengkalis tak khayal saat musim durian akan rela datang ke kota Bengkalis untuk berburu durian.

Satu diantaranya durian yang paling terkenal berasal dari Bengkalis bernama durian tembaga. Nama tembaga ini melekat karena warna isi buahnya kuning seperti tembaga.

Durian ini mungkin tidak gampang dikenali kalau dilihat dari tampilan luarnya oleh masyarakat biasa. Tetapi para penjual durian di Bengkalis mereka sangat familiar dengan durian ini.

Seperti diungkap Dani satu diantara penjual durian di pinggir jalan kota Bengkalis. Bentuk luaran durian tembaga ini berwarna hijau dan memiliki duri kasar dan panjang.

Baca juga: Mengenal Kapal Pemburu Cepat 2006 Lancang Kuning Milik Ditpolair Polda Riau

Ketika dibuka aroma manis khas durian akan keluar. Isi duriannya berwarna sekuning tembaga dengan tesktur daging durian sangat tebal dan legit

Bijinya durian tembaga sendiri sangat kecil, paling besar sekitar satu inchi jari kelingking saja. "Kalau orang Bengkalis bilang biji kecil itu keseb," kata Dani bercerita.

Bicara tentang rasa, durian tembaga memiliki rasa khas manis bercampur sedikit pahit. Paduan rasa manis dan pahit yang tipis ini menambah kenikmatan saat menyantapnya.

Ketebalan isi durian yang sangat padat ini ketika masuk ke dalam mulut akan terlihat seperti sedang melumat mentega yang padat. Rasa durian ini akan melekat erat di lidah orang yang memakannya sehingga mereka pasti akan datang kembali saat musim durian mencari durian tembaga.

"Kalau kita bilang durian tembaga ini durian nomor satulah khas Bengkalis," tambahnya.

Untuk harga Dani menjelaskan cukup bervariasi, tergantung besar dan kecilnya buah durian tembaga. Harga termurah dengan bentuk durian sedang dibandrol sekitar seratus lima puluh ribu rupiah.

"Semakin besar semakin mahal, bahkan ada yang sampai sekitar tiga ratus ribu rupiah perbuahnya," tambahnya.

Dani menceritakan, yang membuat harga durian tembaga ini cukup tinggi bukan hanya karena citra rasanya yang nikmat. Namun keberadaannya juga yang cukup terbatas saat ini di Bengkalis.

Baca juga: Atlet Taekwondo Junior Riau Khaisyar Siregar Raih Medali Perak di Diskepora Cup Jambi

"Tidak banyak lagi orang Bengkalis yang punya pohon durian tembaga, satu kebun durian warga itu bisa dihitung hanya beberapa batang pohon durian tembaga ini," tambahnya.

Selain pohon durian tembaga yang langka, buah duriannya pun cukup terbatas pada satu pohon ini. Biasanya satu pohon durian bisa berbuah sampai enam puluh buah, pohon durian tembaga hanya sekitar 30 buah saja satu pohon.

Untuk mendapatkan durian ini, pecinta durian butuh perjuangan. Karena durian tembaga Bengkalis yang asli sangat jarang dijajakan di penjual tepi jalan.

"Kalau mau sebaiknya pembeli mendatangi kebun kebun warga di kampung kampung. Tanyakan langsung ada tidak buah durian tembaga mereka," tambahnya.

Menurut Dani, bahkan saat musim pohon durian berbunga saja, batang pohon durian tembaga ini sudah ada pembelinya. "Banyak sebagian orang Bengkalis saat sudah mulai berbuga durian ini sudah dibeli mereka, jadi saat buah gugur sudah ada pemiliknya," terangnya

Dani sendiri tidak berani menawarkan pembelinya untuk membeli durian tembaga. Jika ada yang memesanpun belum tentu durian tembaga ini bisa mendapatkannya.

Ikuti kami di
KOMENTAR
1300 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved