Lomba Kampung, Desa Muara Kelantan Wakili Siak di Tingkat Provinsi

Desa Muara Kelantan merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Sik, Provinsi Riau.

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Wakil Bupati Siak Husni Merza memyampaikan sambutan saat menerima kunjungan tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Riau tahun 2021 sempena acara Penilaian Lomba Desa/Kampung tingkat Provinsi Riau Tahun 2021, di Aula Kantor Desa Muara Kelantan, Kecamatan Sungai Mandau, Rabu (30/06/2021). 

Lomba Kampung, Desa Muara Kelantan Wakili Siak di Tingkat Provinsi

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Desa Muara Kelantan merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Sik, Provinsi Riau.

di Desa Muara Kelantan ini Pemerintah meberdayakan masyarakat disekor pertanian dan perkebunan. Diantaranya budidaya padi dan pembinaan pengembangan perkebunan kelapa sawit.

Kemudian juga masyarakat Desa Muara Kelantan juga didorong melakukan kegiatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

tahun 2019 lalu Desa Muara Kelantan juga ditetapkan sebagai Kampung Inklusi Keuangan pertama di Riau.

Kala itu Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Riau Yusri menyatakan peresmian Kampung Inklusi Keuangan ini merupakan salah satu program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Riau.

Tujuan penetapan kampung inklusi keuangan ini adalah dalam rangka mempercepat akses keuangan masyarakat kepada lembaga keuangan formal.

Baca juga: SEACHA Pilih Siak Jadi Role Model Manajemen Heritage Clinic Program

Baca juga: Heboh Harimau Sumatra Mangsa Ayam Milik Warga di Siak Riau

 

Pada tahun 2021 ini, Desa Muara Kelantan bersama dengan Kelurahan Sungai Apit akan menjadi Desa yang mewakili Kabupaten Siak dalam lomba Desa atau Kampung di tingkat Provinsi Riau.

Pada rabu, (30/6/2021) Wakil Bupati Siak Husni Merza menerima kunjungan tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Riau tahun 2021 sempena acara Penilaian Lomba Desa/Kampung tingkat Provinsi Riau Tahun 2021, di Aula Kantor Desa Muara Kelantan, Kecamatan Sungai Mandau.

Tim penilai lomba Desa/Kampung dari Provinsi Riau dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penilai yang sekaligus Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Riau, Yurnalis.

Kampung Muara Kelantan sendiri merupakan salah satu dari dua Desa/Kampung yang mewakili Kabupaten Siak pada lomba Desa/Kampung tahun ini.Satu Desa lainnya yaitu Kelurahan Sungai Apit di Kecamatan Sungai Apit.

"Ini sebagai motivasi bagi desa- desa lainnya di kabupaten Siak agar bisa lebih semangat dalam bekerja dan meningkatkan pembangunan di desa masing-masing sehingga bisa menjadi desa yang lebih mandiri dengan mengembangkan potensi- potensi yang ada,” sebut Husni Merza saat menyampaikan sambutannya.

Husni menyampaikan apresiasi atas beragam inovasi yang berhasil dikembangkan di Kampung Muara Kelantan tersebut.

Baca juga: Punya Program URC, Kadis PU Siak Irving Kahar Dipanggil Kementrian PUPR Jadi Narasumber

Baca juga: Masjid Syahabuddin di Siak, Masjid Peninggalan Sultan Syarif Kasim II

"Saya mengapresiasi inovasi-inonasi yang berhasil dikembangkan oleh pak Amir beserta jajarannya sehingga Kampung Muara Kelantan tahun ini berhasil mewakili Kabupaten Siak bersama Kampung Sungai Apit pada lomba Desa/Kamoung tingkat Provinsi Riau.Ini juga merupakan hasil dari apa yang ditanam pak Yurnalis saat masih menjadi kepala Dinas PMK Siak beberapa tahun lalu,” sebut Husni disambut tepuk tangan hadirin.

Husni juga berharap agar Kampung Muara Kelantan dapat menjadi juara dan mampu tampil di tingkat nasional mengharumkan nama Kabupaten Siak.

Sementara itu, Yurnalis dalam sambutannya mengatakan penilaian lomba desa dan kampung adalah merupakan tindak lanjut dari evaluasi perkembangan desa dan kampung guna memaksimalkan potensi yang ada.

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Siak itu juga menambahkan desa yang mendapatkan juara 1 atas tiga kategori utama yang dinilai dalam perlombaan ini akan mewakili Provinsi Riau untuk tingkat nasional.

"Kategori penilaian terbagi menjadi 3 yaitu Bidang Pemerintahan, Bidang Pemberdayaan, dan Bidang Kemasyarakatan,” jelas Yurnalis.

Sementara itu, Penghulu Muara Kelantan Amir Mahmud di tempat yang sama,menyampaikan berbagi inovasi yang telah ia kembangkan sehingga Kampung Muara Kelantan berhasil mewakili Kabupaten Siak di tingkat Provinsi Riau tahun ini.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved