Sejak Diluncurkan, Drive Thru Polda Riau Sudah Layani 462 Pemohon Perpanjang SIM

Sejak resmi diluncurkan dan beroperasi pada Kamis (21/5/2021) lalu, layanan perpanjang SIM Drive Thru Polda Riau sudah melayani ratusan orang

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaruwiki.com/ Doddy Vladimir
Warga sedang memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui layanan Drive Thru di Gedung Pelayanan Terpadu Polda Riau yang berada di komplek Mapolda Riau, Pekanbaru, Kamis (20/5/2021) 

 

Sejak Diluncurkan, Drive Thru Polda Riau Sudah Layani 462 Pemohon Perpanjang SIM

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Sejak resmi diluncurkan dan beroperasi pada Kamis (21/5/2021) lalu, layanan perpanjang SIM Drive Thru Polda Riau sudah melayani ratusan orang masyarakat sebagai pemohon.


Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto menjelaskan, sampai Selasa (29/6/2021) ini, pemohon perpanjang SIM total sudah mencapai 462 orang.


"Ini terdiri dari perpanjang SIM A sebanyak 239 orang dan SIM C sebanyak 223 orang," katanya.


Dirincikan Sunarto, untuk sementara, ada dua macam layanan yang bisa didapatkan lewat Drive Thru ini.


Diantaranya perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Tentunya layanan ini memberikan kecepatan, kemudahan, transparansi dan menghindari kontak fisik guna meminimalisir potensi penyebaran Covid-19.

Baca juga: Henny Sella Margarettha Silaban, Mahasiswi Berprestasi yang Jago Debat

Baca juga: Tips Merawat Rantai Sepeda Motor


Untuk alur penerbitan SIM dengan layanan Drive Thru ini dibeberkannya, awalnya pemohon harus melakukan registrasi di aplikasi Sistem Pelayanan Terpadu Polda Riau. Aplikasi ini bisa diunduh lewat Google PlayStore.


Berikutnya, sebelum isi formulir, pemohon wajib mengurus persyaratan lain. Seperti surat kesehatan, menyiapkan E-KTP, hasil tes psikologi, dan SIM yang masih berlaku.


"Langkah selanjutnya, pemohon harus mengisi form pendaftaran input data dan upload berkas," tuturnya.


Lalu lanjut dia, jika sudah selesai, petugas melakukan verifikasi untuk mengecek data SIM dan selanjutnya memberikan notifikasi balasan.


Kemudian pemohon mendatangi lokasi layanan SIM Drive Thru di komplek Mapolda Riau, setelah mendapat konfirmasi dari petugas.


"Terakhir, pemohon SIM melakukan pembayaran PNBP SIM, sidik jari, tanda tangan, foto dan pencetakan. SIM pun sudah bisa didapatkan," urainya.


Untuk SKCK, pemohon juga bisa mengurus dengan skema yang sama, yaitu lewat aplikasi Sistem Pelayanan Terpadu Polda Riau.


Layanan Drive Thru Polda Riau ini, peresmiannya dipimpin langsung oleh Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.


Jenderal bintang tiga itu pun mengapresiasi terobosan dan inovasi Polda Riau yang dipimpin Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi ini.


"Ini sangat bagus, 13 layanan publik Polri dalam hal ini Polda Riau, dijadikakan satu menjadi pelayanan terpadu," ungkap Komjen Gatot saat itu.


Menurutnya, hadirnya layanan terbaru dari Polda Riau ini, tentunya akan lebih memudahkan masyarakat.

Baca juga: Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke-237

Baca juga: Walikota Pekanbaru dan Walikota Padang Dukung Percepatan Tol Pekanbaru-Padang


"Tinggal buka aplikasi, isi data, diverifikasi, setelah selesai (produknya) datang (ke Polda Riau) tinggal ambil," ucap Jenderal bintang tiga ini.


"Jadi slogan dulu, kalau itu mudah kenapa harus dipersulit, kalau sekarang, kalau itu mudah, maka harus lebih mudah lagi. Terimakasih Pak Gubermur sudah membantu gedung layanan terpadu, kemudian direvonasi oleh Kapolda dengan tambahan peralatan," tutur Wakapolri

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved