Harimau Sumatra Makan Kambing Milik Warga di Siak Riau

Harimau Sumatra kembali muncul di Dusun Tiga, Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau.

Penulis: Aan Ramdani
Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Kambing milik warga mati setelah dimangsa Harimau Sumatra 

Harimau Sumatra Makan Kambing Milik Warga di Siak Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM-Harimau Sumatra kembali muncul di Dusun Tiga, Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau.

Bahkan kambing milik warga diterkam oleh Harimau Sumatra ini. Terkait dengan adanya peritiwa tersebut wargas setempat telah melaporkan kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, Sabtu (26/6/2021)

Kepala Bidang KSDA Wilayah II, Heru Sutmantoro menuturkan, menurut laporan penghulu kampung tersebut, hewan buas itu memangsa dua ekor kambing milik warga yang berada di kandang pada dua lokasi yang berbeda.

“Berdasarkan pengamatan dari foto jejak, dipastikan binatang buas yang menyerang ternak warga tersebut adalah Harimau Sumatera dan diperkirakan satu individu,” ujar Heru.

Baca juga: Heboh Harimau Sumatra Mangsa Ayam Milik Warga di Siak Riau

Baca juga: Harimau Sumatra Bernama Corina Dilepas Liarkan di Kawasan Restorasi Ekosistem Riau

Dilanjutkannya, pihak Balai Besar KSDA Riau telah berkomunikasi secara intens dengan perangkat desa setempat dan sebagai tindak lanjut laporan tersebut, Balai Besar KSDA Riau, menurunkan Tim Wildlife Respon Unit ke lokasi pada hari Minggu (27/6/2021) ini.

“Diperkirakan tim tiba di lokasi malam hari. Tim akan melakukan pengumpulan bukti dan keterangan di tempat kejadian, pemasangan kamera trap, sosialisasi ke warga dan pemasangan rambu rambu peringatan,” kata Heru lagi seraya menjelaskan bahwa upaya tindak lanjut kemudian adalah menunggu hasil kamera trap dan perkembangan di lapangan.

Kemunculan Harimau Sumatra ini bukanlah pertama kali, sebelumnya juga pernah muncul dan terekam kamera milik karyawan salah satu perusahaan perkebunan saat memangsa seekor ayam.

Bahkan video Harimau Sumatra mangsa ayam warga tersebut sempat viral. Kemunculan Harimau Sumatra tersebut sangat dekat dengan mess karyawan perusahaan tersebut.

Kemunculan Harimau Sumatra yang memangsa ayam ini juga terjadi di Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Siak. Sehingga diduga Harimau Sumatra yang memangsa kambing warga merupakan Harimau yang serupa.

"Sehubungan dengan satu lanskap dan range nya bisa sampai 1590 Km2, sangat dimungkinkan individu yang sama dengan video sebelumnya," kata Heru Sutmantoro.

Dari hasil pengecekan tempat kejadian, diketahui bahwa individu Harimau Sumatera itu masih remaja dan diperkirakan berjenis kelamin jantan dan aktivitas harimau remaja ini adalah aktivitas sedang belajar berburu mangsa.

Baca juga: Penyelamatan Harimau Sumatra yang Terkena Jerat di Riau

Baca juga: Penyelamatan Harimau Sumatra yang Terkena Jerat di Riau

--
(tribunpekanbaruWIKI.com/aan ramdani)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved