Pasien Covid-19 di Tembilahan Inhil Keluyuran, Begini Nasibnya

Salah seorang warga Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir yang dinyatakan positif covid-19 dengan gejala ringan keluyuran.

Editor: Aan Ramdani

Pasien Covid-19 di Tembilahan Inhil Keluyuran, Begini Nasibnya


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Salah seorang warga Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir yang dinyatakan positif covid-19 dengan gejala ringan keluyuran.

Hal tersebut memang memancing emosi satgas covid-19 dan sejumlah warga lainya.

Padahal yang bersangkutan diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumah.

Petugas Satgas covid 19 Kabupaten Inhil yang mendapatkan laporan, akhirnya mendatangi rumah pasien tersebut di wilayah Kecamatan Tembilahan Kota, Kelurahan Sei Perak, Kabupaten Inhil, Riau.

Baca juga: SEACHA Pilih Siak Jadi Role Model Manajemen Heritage Clinic Program

Baca juga: Akan Direhab, Bupati Pelalawan Zukri Misran Minta Dinas PU Data Masjid di Sepanjang Lintas Timur

Kedatangan petugas tersebut untuk membawa pasien ke tempat isolasi terpadu milik pemerintah, supaya pasien tidak keluyuran.


Namun petugas Bhabinkamtibnas Sei Perak bersama Babinsa dan tenaga kesehatan (Nakes) harus mendapatkan perlawanan, karena yang bersangkutan menolak untuk di bawa ke tempat isolasi terpadi di Gedung Islamic Center Tembilahan.

Bhabinkamtibnas Sei Perak Bripka Dedek Kurniawan bersama petugas lainnya langsung memberikan pengertian dan arahan kepada pasien tersebut agar mau di evakuasi.

Perdebatan panjang pun terjadi, akan tetapi sang pasien pun tetap menolak untuk di bawa petugas ke tempat isolasi terpadu.

Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan selaku Wadan Satgas Covid 19 Kabupaten Inhil sangat menyayangkan apa yang dilakukan pasien tersebut.

Menurut Kapolres, apa yang dilakukan pasien tersebut sangat berdampak kepada lingkungan sekitar dan tidak mendukung upaya penanganan dan pencegahan covid 19.

Baca juga: Festival 80 Tahun Sutardji Calzoum Bachri

Baca juga: 20 Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri di Asrama Haji Riau

“Kesabaran petugas nakes, Babinsa dan bhabintambnas sedang diuji disini, pasien positif covid isolasi mandiri diketahui masih keluyuran,” ungkap Kapolres Inhil kepada tribunpekanbaruwiki.com melalui aplikasi pesan singkat, Jum’at (25/6/21).

Kapolres menerangkan, lingkungan tempat tinggal pasien tersebut bisa dikatakan tidak layak untuk melakukan isolasi apalagi berada di lorong yang rumahnya sangat rapat dan padat penduduk.

“Situasi ini tentu sangat kita khawatirkan bisa menularkan warga lainnya. Saat dibujuk petugas hendak diisolasi ke Islamic Center, warga kita itu masih bersikeras tidak mau di bawa. Gedung Islamic center sudah kita siapkan bagi pasien positif yang tidak memiliki tempat isoman yang layak,” keluh Kapolres.

AKBP Dian pun berharap kejadian serupa tidak terulang lagi dan masyarakat dihimbau mendukung upaya semua pihak terkait bersama Satgas dalam memutus mata rantai covid 19 di Kabupaten Inhil.

Baca juga: Seikatsu Cosplay Community

“Semoga petugas di lapangan tetap ikhtiar dan semangat dalam bertugas serta tidak kendor mengajak masyarakat menerapkan prokes. Kepada masyarakat kita imbau untuk tetap mematuhi prokes dan silahkan gunakan tempat isolasi terpadu bagi yang tidak memiliki tempat isoman yang layak sesuai prosedur,” pungkas Kapolres.

Sementara itu, Kapolsek Tembilahan Kota Ipda R Raudo Perdana mengatakan, pasien tersebut tetap menolak dan tidak mau dibawa oleh anggota Bhabinkamtibmas Sei Perak bersama Babinsa, nakes dan petugas lainnya.

Meskipun tetap menolak dievakuasi, dalam kejadian yang terjadi pada Kamis (25/6/21) tersebut, petugas telah memberikan peringatan tegas kepada pasien positif tersebut agar tetap berada di rumah.

“Belum (dievakuasi), tapi kami beri peringatan jika masih ada laporan keluar rumah dan tidak mematuhi isoman, maka akan langsung kami  bawa ke Gedung Islamic Center,” pungkasnya.

Baca juga: SEACHA Pilih Siak Jadi Role Model Manajemen Heritage Clinic Program

Baca juga: Walikota Pekanbaru dan Walikota Padang Dukung Percepatan Tol Pekanbaru-Padang

--
(tribunpekanbaruWiki.com/T. Muhammad Fadhli).

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved