Desa Bukit Intan Makmur Raih Juara 2 Nasional Desa Pangan Aman

Desa Bukit Intan Makmur Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, mendapatkan anugrah pengharagaan juara 2 sebagai Desa Pangan Aman Nasional

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Kades Bukit Intan Makmur Nasta'in saat menerima penghargaan di Jakarta. 


Desa Bukit Intan Makmur Raih Juara 2 Nasional Desa Pangan Aman

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Desa Bukit Intan Makmur,  Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Riau mendapatkan anugrah pengharagaan juara 2 sebagai Desa Pangan Aman Nasional, Selasa (22/6/2021) di Hotel Sangri-La, Jakarta Pusat.

Desa Intan Makmur berhasil mengalahkan Desa Batu Ampar, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu yang menempati posisi ke-3 sebagai Desa Pangan Aman Nasional.

Sedangkan Juara 1 Desa Pangan Aman Nasional diraih Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul, Provinsi DI Yogyakarta.


Piagam penghargaan langsung diterima Kepala Desa Bukit Intan Makmur Nasta'in S.PDi, yang diserahkan langsung Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki.

Mendapat kabar gembira ini, Bupati Rohul H. Sukiman saat dikonfirmasi Media Center Komunfo Rohul, Selasa (22/6/2021) mengaku bangga Desa Bukit Intan Makmur menjadi Desa Percontohan nasional Nomor 2 sebagai Desa Pangan Aman.

Baca juga: Daftar Harga Kelapa Sawit di Riau Priode 23-29 Juni 2021

Diakui Bupati Sukiman, bentuk keseriusan Pemkab menunjuk Desa Bukit Intan Makmur dalam lomba Pangan Aman ini telah dikeluarkan Surat Keputusan (SK), pasalnya dalam lomba ini yang menjadi aspek penilaian dari segi perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan keamanan pangan di desa Bukit Intan Makmur.

"Kami atasnama Pemkab Rohul sangat bangga dan apresiasi kepada Pemdes Bukit Intan Makmur, berkat konsistensi dan kegotongroyongan dalam menjaga Pangan Aman yang sehat bebas dari Formalin dan zat kimia lainnya, bisa meraih juara 2 Nasional lomba Desa Pangan Aman," harap Sukiman

Mantan Dandim Inhil ini mengaku dalam rangka meningkatkan semangat dan memberikan apresiasi kepada perangkat desa dan komunitas keamanan pangan desa yang telah aktif dan konsisten dalam meningkatkan keamanan pangan di desa Bukit Intan Makmur.

“Kami dari Pemerintah daerah, berharap kepada pemerintah desa dan para kader keamanan pangan desa beserta seluruh komunitas masyarakat di desa di Rohul, agar dapat mencontoh desa Bukit Intan Makmur dalam mengimplementasikan keamanan pangan," pintanya

Bupati H. Sukiman mengapresiasi Desa Bukit Intan Makmur yang telah memiliki komitmen dan peran aktif dalam mewujudkan keamanan pangan dari desa bagi masyarakat desa sekaligus membentuk Desa Pangan Aman.

Baca juga: 101 Orang Lulus Program WFD di Riau, Siap Bersaing di Dunia Kerja

"Kami juga berharap Desa Bukit Intan Makmur dapat menjadi model dan berbagi pengalaman kepada desa lainnya dalam mengimplementasikan keamanan pangan desa di Rohul,” harapnya

Sementara itu, Kepala Desa Bukit Intan Makmur Nasta'in, saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, Selasa (22/6/2021) komitmennya mewujudkan Desa Pangan Aman dibuktikan tiga tahun terakhir sejak menjabat sebagai Kepala Desa menganggar kegiatan Kelompok Keamanan Pangan Desa (KKBD) untuk menjaga Pangan dari zat-zat kimia yang berbahaya.

"Alhamdulillah atas izin Allah SWT dan berkat kerjasama yang solid antara Pemkab, Pemdes dan Kelompok Keamanan Pangan Desa. Desa Bukit Intan Makmur bisa meraih hasil juara 2 Nasional Lomba Pangan Aman," kata Nasta'in

Lanjut Nasta'in, prediket juara 2 nasional ini bukan hanya sebagai Kado dirinya dan Ketua BPD yang sama-sama lahir 3 Juni 2021 saat penilaian BPOM, tetapi ini kami persembahkan kan sebagai kado untuk H. Sukiman dan H. Indra Gunawan diawal menjabatnya sebagai Bupati dan Wabup Rohul.

Lanjut Nasta’in melanjutkan, sejak menjabat sebagai Kepala Desa sejak 2018 lalu, komitmennya untuk mewujudkan Desa Pangan Aman ini sudah dilakukannya dengan menganggarkan Rp 10 juta bersumber dari Dana Desa.

“Sejak saya menjabat sebagai Kepala Desa pada tahun 2018 lalu, sudah saya anggarkan dari Dana Desa senilai Rp 10 Juta untuk keperluan KKPD untuk keperluan kegiatan menjaga makanan dari zat Kimia,” katanya.

Ia berterima kasih kepada Kader yang telah bekerja keras dengan fokus tahap penilaian, Desa Bukit Intan Makmur bisa masuk meraih juara 2 Nasional. Karena dengan kerja Tim yang selektif dan Fokus kinerja dengan penuh kekompakan bersama Kader.

Baca juga: Kreatif, Adri Adnan Warga Bengkalis Sulap Tempurung Kelapa Jadi Kerajinan Unik

--

(tribunpekanbaruWIKI.com/Syahrul Ramadhan)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved