Titik Panas Kembali Bermunculan di Riau, Waspada Karhutla

23 titik panas tersebar di Riau pada Senin sore 14 Juni 2021, diantaranya berada di Bengkalis, Dumai, Siak, Meranti, Pelalawan dan Rokan Hilir

Editor: Aan Ramdani
Isimewa
Info Cuaca Riau Hari ini 5 Oktober 2020 

Titik Panas Kembali Bermunculan di Riau, Waspada Karhutla

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Berdasarkan data pantauan satelit yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pekanbaru Senin (14/6/2021) sore, titik panas di Riau mengalami peningkatan dari sebelumnya mencapai 23 titik.

23 titik ini tersebar di Bengkalis 5 titik, Dumai 7 titik, Siak 3 titik, Meranti dan Pelalawan masing-masing 2 titik, Kampar 3 titik dan Rokan Hilir 1 titik.

Sedangkan di Provinsi lainnya di Sumatera juga sudah terpantau titik panas, seperti di Lampung 10 titik, Sumsel 6 titik, Sumbar 3 titik, Bengkulu, Sumut dan Babel masing-masing 1 titik.

Tidak hanya itu, suhu udara di Riau juga sudah mulai meningkat, sejak beberapa hari terakhir suhu di Riau sudah mencapai pada 34 derajat Celcius.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG Pekanbaru Ramlan mengatakan, saat ini sebagian wilayah Riau sudah memasuki musim kemarau kering. Sehingga curah hujan juga sudah jauh turun dari biasanya.

Baca juga: Bukit Condong di Indragiri Hilir Riau

"Iya saat ini, sebagian besar wilayah Riau sudah masuk musim kemarau, artinya curah hujan tidak lagi seperti biasanya, sudah jauh berkurang,"ujar Ramlan kepada tribunpekanbaru.com.

Menurut Ramlan, untuk musim kemarau provinsi Riau tahun ini dalam kondisi normal, artinya pengaruh La Nina ataupun El Nino dalam kondisi Netral.

Sehingga dibeberapa wilayah pada bulan Juni ini masih terjadi hujan yang sifatnya sesaat dalam lingkup tidak terlalu luas Sporadis.

"Ini terutama di beberapa wilayah di Rohul, Pelalawan, Dumai, Kampar , Siak, Inhu dan Pekanbaru, Musim kemarau diperkirakan juni sampai September 2021,"jelas Ramlan.

Sementara itu, prakiraan cuaca untuk Riau sendiri cenderung cerah dan cerah berawan untuk seminggu kedepan ini.

Meskipun ada hujan dengan intensitas ringan terjadi dibeberapa wilayah di Riau, biasanya terjadi pada malam hari.

Untuk suhu udara cenderung lebih panas dari biasanya, karena suhu udara bisa mencapai 34.0 derajat, dengan kelelembapan udara pada 50 hingga 95 persen.

Berdasarkan pantauan satelit beberapa hari sebelumnya juga sudah mulai terpantau titik panas di Riau, terutama di Kabupaten Bengkalis, Meranti, Kampar, Rokan Hulu dan Indragiri Hulu.

Baca juga: Kisah Yogi Sutisna Tersesat di Gunung Geulis Selama 2 Hari, Jumpai Hal Mistis

Baca juga: 5 Halte Bus Trans Metro Pekanbaru Dirusak OTK


--
(tribunpekanbaruWIKI.com / Nasuha Nasution)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved