Hadaina Zalia, Wanita Asal Pekanbaru Terpilih Sebagai Ajudan Millenial Ridwan Kamil

Hadaina Zalia, Wanita Asal Pekanbaru Terpilih Sebagai Ajudan Millenial Ridwan Kamil, Hadaina Zalia lolos bersama dengan 21 orang

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Hadaina Zalia, Wanita Asal Pekanbaru Terpilih Sebagai Ajudan Millenial Ridwan Kamil 

Hadaina Zalia, Wanita Asal Pekanbaru Terpilih Sebagai Ajudan Millenial Ridwan Kamil

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Hadaina Zalia, ia merupakan perempuan kelahiran Pekanbaru, 9 Juli 1996.

Hadaina Zalia patut bangga karena ia menjadi satu dari 22 orang yang terpilih menjadi Ajudan Millenial Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Bukan main-main, Hadaina Zalia berhasil lulus setelah bersaing dengan 11.171 pelamar se Indonesia untuk menjadi Ajudan Millenial Ridwan Kamil.

Saat berbincang dengan tribunpekanbaruwiki.com, Hadaina Zalia mengatakan dalam proses seleksi ini banyak rangkaian tes yang ia lewati.

Dimulai dari seleksi administrasi dan membuat essai tentang mimpi untuk Indonesia dan Jawa Barat sebanyak 500 kata.

Kemudian salah satu syaratnya mengikuti seleksi Ajudan Millenial Ridwan Kamil adalah memiliki follower Instagram minimal 1.000. Menurut Hadaina Zalia, perekrutan ini ingin mencari kaum millenial yang memiliki kemampuan memberi pengaruh besar.

Hadaina Zalia harus mengikuti seluruh rangkaian seleksi panjang secara virtual karena masih di masa pandemi Covid-19.

Hadaina Zalia dalam sebuah kegiatan di Kementrian Pertahanan
Hadaina Zalia dalam sebuah kegiatan di Kementrian Pertahanan (Istimewa)

Baca juga: Chloe Zhao, Sutradara Wanita Asal Asia Peraih Oscar 2021

Baca juga: Kisah Polisi Turki Nikahi Wanita Indonesia Asal Aceh

Kemudian tahap seleksi selanjutnya Hadaina Zalia juga membuat video profil. Sampai tahap ini, ia menjadi salah seorang dari 50 peserta yang lolos untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Dilanjutkan dengan tes fisik.

Hadaina Zalia merekam video sit up, push up dan lari sesuai kriteria yang ditetapkan panitia seleksi. Setelah itu, ia menjalani tes wawancara.

Alhasil dari tahapan seleksi yang lumayan panjang tersebut, Hadaina Zalia terpilih.

Master Ilmu Politik dari Universitas Indonesia ini tertarik ikut seleksi setelah melihat aktivitas temannya asal Bengkulu angkatan pertama. Ini adalah tahun ketiga program serupa digelar. Masa kerjanya satu tahun.

Menurut dia, dengan menjadi ajudan millenial seorang Ridwan Kamil akan menjadi pengalaman berharga. Ia bakal dapat belajar dari dekat tentang personal gubernur yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

Ini sesuai dengan disiplin ilmunya yang mempelajari figur politik di program magister. Seperti karakter dan strategi politik kepala daerah.
"Saya ingin melihat langsung kegiatan salah satu kepala daerah yang memiliki popularitas tinggi di Indonesia," ungkap Hadaina, Rabu (9/6/2021).

Ilmu yang didapat diharapkan menjadi bekalnya untuk meniti karir politik. Wanita 25 tahun ini bercita-cita menjadi kepala daerah dan Ketua MPR.

Baca juga: Yulhasmida, Dulu Direktur Rumah Sakit Sekarang Jadi Pengusaha Rendang

Baca juga: Cerita Pengusaha Cantik di Riau Pertahankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Setidaknya Hadaina dapat mendalami konsep pemetaan pikiran (mind map) untuk menciptakan gagasan yang dipelajarinya. Menurut dia, Kang Emil terbilang berhasil menerapkan mind map dalam memimpin Jawa Barat.

Ia melihat program ini belum pernah dilakukan di Riau. Padahal sangat baik untuk anak muda karena dapat belajar secara langsung tentang kepemimpinan.

"Riau kok nggak punya program ini," kata Hadaina. Ia berharap, Riau dapat melaksanakan program serupa untuk anak muda yang ingin belajar politik.


Anak Muda Belajar dari Figur

Hadaina mengatakan, anak muda perlu belajar politik sejak dini. Tetapi kebanyakan anak muda apatis dengan dunia politik. Menurut dia, bukan sepenuhnya kesalahan anak muda itu sendiri.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved