Pesawat Amerika Mendarat di Pekanbaru

Pesawat United States Air Force (USAF), atau Angkatan Udara Amerika Serikat, mendarat di Kota Pekanbaru, Senin (7/6/2021).

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Pesawat angkut berat C-17 Globemaster milik Angkatan Udara Amerika mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Senin (7/6/2021) 

Pesawat Angkatan Udara Amerika Mendarat di Pekanbaru

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Pesawat United States Air Force (USAF), atau Angkatan Udara Amerika Serikat, mendarat di Kota Pekanbaru, Senin (7/6/2021).

Pesawat angkut berat C-17 Globemaster ini, merapat di Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin.

Terkait kedatangan pesawat dan sejumlah kru dari Angkatan Udara Amerika Serikat ini, dibenarkan oleh Kadisops Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Kolonel Pnb Adhi Safarul Akbar saat dikonfirmasi Tribunpekanbaru.com.

"Betul, ada kegiatan di Lanud (Roesmin Nurjadin). Nanti info dari Kapen (Kepala Penerangan, red) ya," ujarnya.

Lanjut dia, sementara mereka akan diisolasi dulu selama 5 hari.

Baca juga: Masih Zona Merah, Perayaan Hari Jadi Pekanbaru Ke-237 Akan Digelar Secara Virtual

Terpisah, Kapen Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Sus Zukri menerangkan, kedatangan Angkatan Udara Amerika Serikat ini, dalam rangka akan dilaksanakannya exercises atau latihan bersama dengan sandi 'Cope West' 2021.

"Akan dilaksanakan pada tanggal 14 - 24 bulan (Juni) ini. Kebetulan ada dukungan pesawat berbadan lebar, besar ya, C-17. Itu hari ini dukungan untuk membawa ground crew (kru darat, red) sama teknisi serta peralatan pendukung lainnya dari Skadron F-16 US Air Force," jelasnya.

Disebutkan Zukri, saat ini proses persiapan latihan bersama sedang dilakukan.

"10 hari (latihan). Untuk sementara yang datang ini baru ground crew, teknisi dan peralatan pendukung lainnya. Sehingga latihan ini betul-betul steril karena masih masa covid. Makanya betul-betul steril," paparnya.

Baca juga: Berwisata Sambil Vaksin Covid-19 di Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru

Ia menambahkan, latihan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara.

"Kemudian meningkatkan latihan bersama yang rutin dilaksanakan. Sebelum ini kan di Manado. Baru kali ini dilaksanakan di Lanud Roesmin Nurjadin. Karena latihan di Roesmin Nurjadin sudah memenuhi syarat," pungkasnya.

--

(tribunpekanbaru.com/Rizky Armanda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved