Riau Gunakan Asrama Haji Untuk Tempat Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

Asrama Haji yang terletak di Jalan Mekar Sari Pekanbaru akan digunakan menjadi tempat isolasi mandiri untuk pasien Covid-19 yang tidak bergejala

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Gubernur Riau Syamsuar saat meninjau Asrama Haji yang terletak di Jalan Mekar Sari Kota Pekanbaru yang dijadikan tempat isolasi pasien covid-19, Minggu (6/6/2021) 

Riau Gunakan Asrama Haji Untuk Tempat Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Asrama Haji yang terletak di Jalan Mekar Sari Pekanbaru akan digunakan menjadi tempat isolasi mandiri untuk pasien Covid-19 yang tidak bergejala dan bergejala ringan

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar memastikan Asrama Haji Riau tersebut sudah siap untuk difungsikan sebagai tempat isolasi mandiri pasien covid-19 tersebut.

Untuk memastikan keseiapan tersebut Gubernur Riau Syamsuar juga sudah melakukan peninjauan ke asrama haji bersama rombongan, Minggu (6/6/2021).

"Kita akan fungsikan asrama haji ini untuk tempat isolasi mandiri, tadi sudah kami tinjau, ini sudah bisa langsung digunakan," kata Gubri Syamsuar usai peninjauan.

Asrama Haji Riau ini memiliki kapasitas 280 tempat tidur yang siap ditempati pasien Covid-19. Dengan adanya penambahan tempat isolasi ini, diharapkan masyarakat yang terpapar Covid-19 tidak lagi melakukan isolasi mandiri di rumah.

Gubri Syamsuar mengimbau agar pasien Covid-19 yang tidak bergejala atau bergejala ringan bisa melakukan isolasi di tempat yang disiapkan pemerintah daerah. Tujuanya agar pasien tidak menularkan virusnya ke anggota keluarganya yang tinggal satu rumah.

Baca juga: Data Kelulusan SMK di Riau 2021, 73 Siswa Tidak Lulus

Baca juga: Irfina Nurrahmi, Mahasiswi yang Hobi Otomotif

Selain itu, pasien yang melakukan isolasi mandiri di tempat yang disiapkan oleh pemerintah daerah juga terjamin obat-obatan serta makanya.

Tidak hanya itu, pasien yang isolasi mandiri digedung-gedung yang disiapkan pemerintah juga diperiksa secara berkala kesehatanya oleh petugas kesehatan yang ditugaskan di masing-masing tempat isolasi.

Pasien juga diberikan asupan gizi yang cukup serta diajak olah raga setiap paginya. Sehingga imunitas mereka bisa terjaga dan bisa segera sembuh dari Covid-19.

"Kita sudah siapkan tiga tempat isolasi mandiri, ini kita tambah satu lagi asrama haji ini untuk antisipasi kalau nanti ada penambahan warga kita yang positif tapi bergejala ringan dan OTG," kata Gubri Syamsuar .

Dalam kunjungan tersebut Gubri didampingi langsung oleh Asisten I Setdaprov Riau Jenri Salmon Ginting, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, dan Kepala Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau, Taufik OH.

Syamsuar menyampaikan bahwa peninjauan ini dalam rangka menambah ruang isolasi mandiri untuk COVID 19 di Provinsi Riau. Ia juga mengatakan bahwa hal ini juga sebagai upaya mengantisipasi kalau terjadi lonjakan pasien COVID 19 di Riau.

Baca juga: Daftar 3 Artis Indonesia yang Terjud di Sepak Bola Nasional, Ada Atta Halilintar dan Rafffi Ahmad

Baca juga: 5.008 Calon Jemaah Haji Asal Riau Batal Berangkat ke Tanah Suci Tahun 2021 Ini

Menurutnya, perlunya penambahan ruang isolasi ini karena sebagian tempat isolasi mandiri yang tersedia di Provinsi Riau sudah terisi dan penambahan ruang isolasi di Asrama Haji Provinsi Riau ini sebagai antisipasi jika terjadi lonjakan pasien COVID 19 yang tinggi di Riau.

"Kita antisipasi penambahan yang luar biasa, untuk itu kita harus menyiapkan tempatnya, karena itu kita melakukan meninjau ini," sebutnya.

Gubri Syamsuar berharap dengan penambahan ruang isolasi ini bisa membantu merawat pasien COVID 19 khususnya dengan gejala ringan atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

Selain itu, pihaknya juga menyebutkan untuk tenaga kesehatan seperti dokter, perawat dan beberapa tenaga juga telah disiapkan. Ia berharap dengan kesiapan ruangan dan tenaga kesehatan yang telah di persiapan penanganan COVID 19 dapat dilaksanakan dengan baik.

Ia juga menuturkan bahwa penambahan ruang isolasi di Asrama Haji Provinsi Riau ini juga bisa langsung digunakan untuk pasien COVID 19 dengan gejala ringan.

Baca juga: 346 Desa di Riau Rawan Karhutla

Baca juga: Desa Bukit Intan Makmur Rohul Masuk Nominasi 7 Desa Pangan Aman Nasional

--
(tribunpekanbaruwiki.com/Syaiful Misgiono)

Ikuti kami di
KOMENTAR
1176 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved