Irfina Nurrahmi, Mahasiswi yang Hobi Otomotif

Irfina Nurrahmi ia merupakan seorang mahasisiwi jurusan Manajemen Semester VI disalah satu Universitas Swasta di Kota Pekanbaru.

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Irfina Nurrahmi bersama dengan mobil kesayangannya Honda Brio rilisan 2016 yang sudah dimodifikasi 

Irfina Nurrahmi, Mahasiswi yang Hobi Otomotif

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Irfina Nurrahmi ia merupakan seorang mahasisiwi jurusan Manajemen Semester VI disalah satu Universitas Swasta di Kota Pekanbaru.

Irfina Nurrahmi memiliki hobi yang berbeda dari wanita kebanyakan, Irfina Nurrahmi hobi dengan dunia otomotif.

Terutama, Irfina Nurrahmi hobi dengan modifikasi yang biasanya digandrungi oleh para cowok.

Ami, sapaan akrabnya, memodifikasi mobil Honda Brio rilisan 2016 miliknya. Modifikasi fokus pada sektor kaki-kaki membuat rodanya miring ke dalam atau disebut dengan camber.

Terbilang nekat karena Ami harus merelakan arm mobil diubah dari bentuk standarnya. "Arm belakang dipotong, lalu dibengkokkan supaya bisa camber maksimal," ungkap Irfina Nurrahmi saat berbincang dengan tribunpekanbaruwiki.com, Rabu (2/6/2021) malam.

Modifikasi Honda Brio pada sektor kaki-kaki membuat rodanya miring ke dalam atau disebut dengan camber
Modifikasi Honda Brio pada sektor kaki-kaki membuat rodanya miring ke dalam atau disebut dengan camber (Istimewa)

Baca juga: Sardi Mayanto Modifikasi Toyota Yaris Jadi Lebih Elegan

Amimembuat kemiringan roda atau camber negatif mencapai minus 10 di depan dan minus 15 di belakang. Bagian atas ban ditarik ke balik fender, bahkan bibir pelek hampir menyentuk tepian fender.

Ia menaikkan tiga tingkat ukuran roda. Ia menggunakam roda ring 17 dari standarnya 14. Lebar ban depan 9 dan belakang 10 yang dikombinasikan dengan pelek celong dalam model rociform.

"Jadi, meskipun ceper sampai roda masuk ke balik fender, tapi tidak terlalu kandas. Soalnya (ukuran) ban di-upgrade," ungkap Ami. Ia memilih ceper tidak sampai pepet ke jalan karena kondisi jalanan di Pekanbaru yang bergelombang.

Ami lebih senang dengan sensasi statik pada sistem suspensinya. "Senangnya kalau lihat depannya manggut-manggut pas jalan," katanya. Efek statik ditimbulkan dari kustom total pada sistem suspensi.

Shock Breaker dikustom dengan metode statik. Selain itu, ia memasang suspensi coilover yang bisa di-setting sesuai kebutuhan.

Ami sebelumnya beraliran modifikasi street racing. Ia mengikuti aliran modifikasi ini karena sedang tren. Tetapi untuk total di aliran ini, dengan memenuhi beberapa unsur street racing, akan membutuhkan biaya tidak sedikit.

Irfina Nurrahmi memegang tropi usai memenangi kontes modifikasi beberapa waktu lalu
Irfina Nurrahmi memegang tropi usai memenangi kontes modifikasi beberapa waktu lalu (Istimewa)

Baca juga: Andre Berburu Onderdil Ke Luar Negri Untuk Modifikasi Honda Civic Ferio

"Misalnya, jok harus racing, ada beberapa indikator, knalpot," katanya mencontohkan. Dara 22 tahun ini akhirnya memilih aliran stance camber.

Ami sebenarnya sempat ragu dengan modifikasi camber. Sebab bakal melakukan perombakan di sektor kaki-kaki dari standarnya. Bagi dia, ini adalah ide gila.

Meski begitu, Ami merasa tertantang. Mobil cewek yang dimodifikasi bakal memberi sensasi berbeda. "Jadi perhatian orang kalau cewek mobilnya modif," kata Ami. Mobilnya keluar sebagai camber ekstrim terbaik pada kontes 2020 lalu di Pekanbaru.


Interior Standar

Ami memang hanya ingin fokus di modifikasi kaki-kaki. Bahkan interior dibiarkannya standar dari pabrikan. Ini bukan tanpa alasan.

Ia tidak suka ubahan yang berlebihan di dalam kabin. "Suka standar aja gitu. Kesannya lebih rapi, bersih aja gitu. Nggak terasa penuh di interior," ungkapnya.

Ami juga membiarkan merah sebagai warna asli mobilnya. Dengan tampilan standar di bodi dan interior, ia pernah memenangkan sebuah kontes untuk kategori VIP.

Ia sendiri tidak begitu paham sisi penilaian juri yang memenangkannya. "Mungkin karna bersihnya. Walau ceper, fender dan bagian bawah bodi nggak ada yang lecet," ujarnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved