5.008 Calon Jemaah Haji Asal Riau Batal Berangkat ke Tanah Suci Tahun 2021 Ini

5.008 Calon Jemaah Haji Asal Riau Batal Berangkat ke Tanah Suci Tahun 2021 Ini

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Jamaah Haji asal Riau Foto bersama di tanah suci tahun 2018 lalu 

5.008 Calon Jemaah Haji Asal Riau Batal Berangkat ke Tanah Suci Tahun 2021 Ini


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Pembatalan jemaah haji Indonesia tahun ini semakin menambah daftar panjang atrian keberangkatan calon jemaah haji di Riau. Berdasarkan data yang Tribun Pekanbaru himpun dari Kanwil Kemenag Riau jumlah calon jemaah haji di Riau yang masuk dalam daftar antrian jumlah nya mencapai 78 ribu orang lebih.

"Kalau dihitung rata-rata pertahun sekitar 5000 ribu jemaah yang berangkat, maka waktu tunggu atrian keberangkatan calon jemaah haji kita bisa sampai 22 sampai 23 tahun. Artinya, mereka yang daftar tahun ini, itu akan berangkat 22 atau 23 tahun lagi," kata Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU), Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, Darwison, Kamis (3/6/2021).

Darwison mengungkapkan, sesuai jadwal jumlah calon jemaah haji Riau yang rencananya akan diberangkatkan tahun ini sebanyak 5.008 orang jemaah. Namun akibat Pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, ribuan calon jemaah haji ini pun terpaksa mengurangkan niatnya untuk menunaikan rukun islam yang ke lima ini.

"Tahun ini ada 5.008 calon jemaah haji yang akan diberangkatkan, tapi masih ada beberapa yang belum menulasi pembayaran, sekitar 450 orang, selain itu ada juga yang sudah meninggal dunia, karena sudah dua tahun tidak ada keberangkatan, " katanya.

Baca juga: Pria di Pekanbaru Riau ini Palsukan 1.252 Surat Bebas Covid-19

Bagi calon jemaah haji yang belum melunasi pembayaran sampai waktu keberangkatan nanti belum juga menyelesaikan pembayaran, akan digantikan dengan jemaah haji cadangan. Sedangkan bagi calon jemaah haji yang meninggal dunia sebelum waktu keberangkatan akan digantikan dengan keluarganya yang bersedia.

Dengan adanya Pandemi Covid-19, daftar antrian keberangkatan haji di Riau pun menjadi semakin lama. Sebab sudah dua tahun tidak ada keberangkatan haji di Riau.

"Jadi yang berangkat tahun 2022 nanti itu adalah calon jemaah haji yang seharusnya berangkat tahun 2020, mundur dua tahun jadinya," katanya.

Darwison mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu Peraturan Menteri Agama (PMA) terkait pembatalan keberangkatan calon jemaah haji tahun ini. Sebab sejauh ini keputusan masih di tingkat pemerintah pusat dan DPR RI belum diturunkan ke daerah dalam bentuk PMA.

"Kita masih menunggu PMA nya, setelah ada PMA pembatalan jemaah haji itu keluar baru bisa kita sosialisasikan ke calon jemaah haji yang ada di Riau," kata Darwison saat dikonfirmasi Tribun terkait pembatalan keberangkatan jemaah haji di Indonesia tahun ini.

Baca juga: Asyik, Bupati di Kepulauan Meranti Riau ini Perintahkan Pegawainya Ngopi

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved