1.615 Orang di Riau Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Sebanyak 1.615 orang pasien covid-19 di Provinsi Riau meninggal dunia.

Editor: Aan Ramdani
Isimewa
Pelepasan jenazah dr Oki Alfin, dokter Puskesmas Gunung Sahilan Kabupaten Kampar yang meninggal dunia Sabtu (12/9/2020) di ruang perawatan Covid-19 RSUD Arifin Ahmad (ISTIMEWA) 

1.615 Orang di Riau Meninggal Dunia Akibat Covid-19


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM, PEKANBARU - Sebanyak 1.615 orang pasien covid-19 di Provinsi Riau meninggal dunia.

Data jumlah orang yang meninggal dunia ini tercatat sejak awal mula virus covid-19 tersebut menyebar di Riau hingga awal Juni 2021 ini.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi menegaskan, tingginya angka kasus kematian akibat Covid-19 di Provinsi Riau harus disikapi serius oleh semua pihaknya. Terutama pihak rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.

Dokter spesialis paru RSUD Arifin Ahmad ini meminta pemerintah kabupaten/kota agar meningkatkan kapasitas ruang ICU dan ketersedian obat-obatan di rumah sakit rujukan Covid-19.

Ia memberikan contoh seperti halnya yang terjadi di Kabupaten Bengkalis. Angka kematian di rumah sakit karena Covid-19 di daerah tersebut di atas 25 persen.

Baca juga: 7 Daftar Manfaat Bersepeda

Pemakaman dilakukan secara militer dan penerapan pemakaman covid-19 di  taman makam pahlawan (TMP) Damai Sentosa Kota Dumai, pada Kamis (29/4/2021)
Pemakaman dilakukan secara militer dan penerapan pemakaman covid-19 di taman makam pahlawan (TMP) Damai Sentosa Kota Dumai, pada Kamis (29/4/2021) (tribunpekanbaru.com)

"Jumlah angka kematian karena Covid-19 di rumah sakit Bengkalis termasuk tinggi di atas 25 persen. Data ini dari dinas kesehatan provinsi. Jadi rumah sakit umum daaerah Mandau, Bengkalis, Permata Hati harus benar-benar memastikan ketersediaan obat-obatan yang dibutuhkan. Pemda dan rumah sakit juga harus ada komitmen untuk meningkatkan kapasitas ICU-nya juga," kata Yovi saat menyampaikan keterangan persnya di Posko Satgas Covid-19 Riau di Gedung Daerah Provinsi Riau, Kamis (3/6/2021).

Tidak hanya Bengkalis, Yovi berharap seluruh daerah yang angka kematiannya tinggi untuk menambah kapasitas ICU dan obat-obatan.

"Yang angka kasus kematiannya tinggi dan memang agak jauh aksesnya ke rumah sakit provinsi. Seperti Bengkalis, Tembilahan, Rengat, Kepulauan Meranti, mau nggak mau harus meningkatkan kapasitas ICU dan ketersediaan obat-obatannya. Sehingga jika ada pasien yang kondisinya buruk membutuhkan penanganan ICU, bisa segera mendapatkan pertolongan," ujarnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini angka kasus Covid-19 di Riau sudah tembus 61.121 kasus. Sedangkan angka kematian akibat Covid-19 di Provinsi Riau sudah mencapai 1.615 orang atau 2,6 persen dari total jumlah kasus positif yang ditemukan di Provinsi Riau.

Baca juga: Ustadz Abdul Somad Didaulat Jadi Duta Wisata Religi Wakatobi

Baca juga: 346 Desa di Riau Rawan Karhutla


--
(tribunpekanbaruwiki.com-Syaiful Misgiono)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved