Disbun Riau Akan Sosialisasikan Peraturan Gubernur Tentang Penetapan Harga Kelapa Sawit

Disbun Riau Akan Sosialisasikan Peraturan Gubernur Tentang Penetapan Harga Kelapa Sawit yakni Pergub No 77 Tahun 2020

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaruwiki.com
Dua orang pekerja sedang menyusun buah kelapa sawit yang baru di panen 

Disbun Riau Akan Sosialisasikan Peraturan Gubernur Tentang Penetapan Harga Kelapa Sawit

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Harga TBS Sawit Riau selama ini dibeberapa kabupaten/kota di Riau beragam-ragam dan tidak sama yang telah ditetapkan Dinas Perkenunan Riau. Bahkan ada yang jauh lebih rendah dari harga dari Dinas Perkebunan Riau.

Hal ini selalu dikeluhkan para petani di Riau. Untuk menyikapi itu Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) No 77 Tahun 2020 tenttang tata cara penetapan harga TBS produksi perkebumam Provinsi Riau.

"Jadi sesuai arahan Bapak Gubernur mulai minggu depan secara maraton Pergub ini akan kita sosialisasikan ke seluruh Kabupaten/Kota, perkebunan, asosiasi, pengusaha PKS dan stakeholder terkait," ujar Kepala Dinas Perkebunan Riau Ir Zulfadli melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau Defris Hatmaja SP MSi kepada tribunpekanbaruwiki.com, Rabu (2/6/2021).

Pergub ini tambah Defris, istimewa dari Pergub TBS di provinsi lain, karena tidak hanya mengatur pekebun plasma saja seperti yang diatur Permentan 01/2018, tapi lebih dari itu Pergub ini juga mengatur pekebun swadaya yang jumlahnya lebih dari 52 persen secara luasan di Provinsi Riau yang harus dilindungi.

Baca juga: Sambut Hari Lahir Pancasila, Ini Kata Presiden Joko Widodo

Baca juga: Asyik Main Game di Warnet Pekanbaru, Ternyata Reaktif Covid-19

"Artinya dengan pemberlakuan Pergub ini petani dan pengusaha ada payung hukum dalam Tata Niaga TbS yang hrs ditaati bersama.Khususnya terkait penetapan harga, penerapan hrga, kemitraan pekebun denga pks, pertanggunhjwaban pengelolaan dana BOTL dan pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh Disbun Riau bersama Kabupaten/Kota," ucap Defris

Substansi Pergub ini jelas Defris, mengatur regulasi penetapan dan penerapan harga TBS ditingkat petani plasma dan juga petani swadaya. "Tahun ini kita akan melakukan uji rendemen buah sawit pekebun se Riau, baik plasma maupun swadaya melalui dana BPDPKS. Tentunya ini merupakan terobosan kita dalam menerapkan rasa keadilan harga TBS pekebun dengan kondisi riil rendemen aktual TBS sawit pekebun riau," ungkap Defris.

Sehingga keadilan harga yang di dapat pekebun dan pihak pengusaha lebih fair dan akurat sesuai dengan kualitas buah (rendemen) TBS masing - masing pekebun.

Selanjutnya kata Defris lagi, dlDisbun, Asosisi Pekebun Kelapa Sawit (Apkasindo dan Aspekpir) serta Asosiasi Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mendorong pekebun di seluruh daerah melalui asosiasi masing-masing (apkasindo dan aspekpir) untuk bersama-sama anggotanya yang difasilitasi Disbun Kabupaten/Kota untuk sama-sama mendorong pekebun untuk berkelompok (kel. Tani/ KUD) dalam wadah asosiasi pekebun agar dapat melakukan kerjasama dengan PKS dalam jual beli TBS seperti yqng diatur dalam Pergub TBS Riau tersebut.

Berikut ini Link File Peraturan Gubernur (Pergub) No 77 Tahun 2020 tentang tata cara penetapan harga TBS :

-Peraturan Gubernur (Pergub) No 77 Tahun 2020

 

Baca juga: Desa Bukit Intan Makmur Rohul Masuk Nominasi 7 Desa Pangan Aman Nasional

Baca juga: Atlet Taekwondo Junior dari Riau Khaisyar Siregar Raih Medali Perak di Kejurnas 2021


--

(tribunpekanbaru.com/Rino Syahril)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved