Tak Mampu Tampung Pasien Covid-19, RS di 6 Daerah Terpaksa Dikirim Pasien ke Pekanbaru

Dalam beberapa hari terakhir, rumah sakit besar di Kota Pekanbaru banyak mendapatkan kiriman pasien Covid-19 yang bergejala sedang hingga berat

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Pemakaman dilakukan secara militer dan penerapan pemakaman covid-19 di taman makam pahlawan (TMP) Damai Sentosa Kota Dumai, pada Kamis (29/4/2021) 

Rumah Sakit di Enam Kabupaten Tak Mampu Tampung Pasien Covid-19, Pasien Terpaksa Dikirim ke Pekanbaru

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Juru Bicara (Jubir) Penanganan Satgas Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi mengungkapkan, melonjaknya angka kasus baru dan angka kematian akibat Covid-19 di Riau sudah diprediksi sejak Maret 2021 lalu.

"Kita perkirakan kasus di bulan mei ini tembus 15 ribu kasus dalam sebulan. Ini kasus tertinggi, karena di tahun 2020 lalu itu paling tinggi terjadi di bulan oktober sebanyak 7 ribu kasus, kemudian kasus tertinggi juga terjadi di bulan April 2021 sebanyak 9 ribu kasus, bulan ini prediksi kita 15 ribu kasus," kata Indra Yovi saat menyampaikan keterangan persnya di hadapan media, Kamis (27/5/2021).

Yovi mengungkapkan, jika dalam sehari ada penambahan 1000 kasus, maka Riau akan kesulitan dalam menangani pasien Covid-19. Jika hal ini terjadi, maka petugas kesehatan dan rumah sakit akan kewalahan menangani pasien Covid-19 di Riau.

"Hari ini saja, jumlah keterisian rumah sakit besar di Riau itu sudah 80 persen, kalau untuk ruang ICU sudah hampir 100 persen," ujarnya.

Dalam beberapa hari terakhir, rumah sakit besar di Kota Pekanbaru banyak mendapatkan kiriman pasien Covid-19 yang bergejala sedang hingga berat dari kabupaten kota.

Baca juga: 70 Napi di Riau Terima Remisi Hari Raya Waisak 2021

"Ada dari Pelalawan, Siak, Inhu, Taluk Kuantan, Kampar dan Bengkalis," katanya.

Yovi mengungkapkan, enam kabupaten tersebut terpaksa harus merujuk pasien Covid-19 ke Kota Pekanbaru karena rumah sakit yang ada di daerah mereka sudah penuh. Sehingga pasien terpaksa harus dikirim ke Pekanbaru untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit yang ada di Pekanbaru.

"Daerah yang saya sebutkan tadi (Pelalawan, Siak, Inhu, Taluk Kuantan, Kampar dan Bengkalis) itu rumah sakit nya sudah 100 persen terisi, sehingga mereka harus mengirim ke Pekanbaru," ujarnya.

Seperti diketahui, angka kasus harian Covid-19 di Riau, pada Rabu (26/5/2021) kemarin memecahkan rekor baru dan tertinggi se Indonesia dengan jumlah penambahan kasus baru sebanyak 739 kasus. Total hingga saat ini kasus Covid di Riau sudah tembus 56.891 kasus.

Sedangkan untuk pasien meninggal dunia akibat Covid bertambah 27 orang dalam sehari. Total 1.496 kasus di Riau yang meninggal dunia akibat Covid-19.

Baca juga: Daftar Harga Kelapa Sawit di Riau, 26 Mei Hingga 1 Juni 2021

Baca juga: Wisata Mangrove Jembatan Pelangi di Kepulauan Meranti


--
(tribunpekanbaruwiki.com/Syaiful Misgiono)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved