Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021 Bisa Disaksikan di Riau, Aman Dilihiat dengan Mata Telanjang

Gerhana Bulan total yang akan terjadi tanggal 26 Mei 2021 bisa disaksikan di wilayah Provinsi Riau, untuk melihat gerhana bulan dengan mata telanjang

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com/ Theo Rizky
Ilustrasi: Gerhana bulan total terlihat di langit Kota Pekanbaru, Rabu31 Januari 2018 


Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021 Bisa Disaksikan di Riau, Aman Dilihiat dengan Mata Telanjang

 

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Gerhana Bulan total yang akan terjadi tanggal 26 Mei 2021 bisa disaksikan di wilayah Provinsi Riau, untuk melihat gerhana bulan ini bisa langsung menggunakan mata telanjang tanpa harus menggunakan kaca mata khusus

Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalanginya sinar Matahari oleh Bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan, dilihat dari Bumi. Hari ini Rabu (26/5/2021) terjadi Gerhana Bulan di tanah air. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana Bulan Total terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar. Hal ini terjadi saat Bulan berada di umbra Bumi, yang berakibat, saat puncak gerhana bulan total terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah (terkenal dengan istilah Blood Moon).

Karena posisi Bulan saat terjadi gerhana berada di posisi terdekat dengan bumi (Perigee), maka Bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa, sehingga sering disebut dengan Super Moon.

Sehingga, Gerhana Bulan Total tanggal 26 Mei 2021 dikenal juga dengan Super Blood Moon, karena terjadi saat bulan di Perigee (Bulan berada di jarak terdekat dengan Bumi).

Gerhana Bulan Total akan terjadi pada 26 Mei 2021 dan disebut sebagai Bulan Merah Super atau Super Blood Moon./tribun jabar
Gerhana Bulan Total akan terjadi pada 26 Mei 2021 dan disebut sebagai Bulan Merah Super atau Super Blood Moon./tribun jabar (tribun jabar)

Baca juga: GMMK Riau Serahkan Bantuan Untuk Palestina ke Komite Nasional Rakyat Palestina

Baca juga: Kakek Kadir Ikut Vaksin Covid-19, Kapolresta Pekanbaru Beri Semangat

Fase-fase (proses) Gerhana Bulan Total yang akan terjadi tanggal 26 Mei 2021 adalah:

1. Awal Fase Penumbra

Fase (P1) Awal Gerhana Bulan mulai pukul 15.46.12 WIB, 16.46.12 WITA, 17.46.12 WIT yang melintas memotong Papua bagian tengah.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved