Tiga Nama Calon Sekda Riau Diusulkan Ke Kemendagri

Tiga nama calon Sekdaprov Riau akan segera dikirim ke pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

Editor: Aan Ramdani
ILustrasi
Ilustrasi: Daftar Enam Calon Sekda Riau Lulus Tes Awal 

Tiga Nama Calon Sekda Riau Diusulkan ke Kemendagri

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Tiga nama calon Sekdaprov Riau akan segera dikirim ke pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dari tiga kandidat calon Sekdaprov Riau yang dikirim ke Kemendagri ini nanti akan ditunjuk satu nama. Setelah itu baru diterbitkan SK pengangkatannya yang langsung ditandatangani oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Jadi yang menetapkan satu nama dari tiga nama yang diusulkan itu pemerintah pusat, bukan pak gubernur," kata Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, Senin (24/5/2021).

"Pak Gubernur hanya menyampaikan tiga nama yang direkomendasikan oleh tim Pansel. Selanjutnya dikirim ke Kemendagri dan diteruskan ke Presiden untuk dibuatkan SK pengangkatannya," imbuhnya.

Setelah SK diterbitkan, barulah nanti Pemprov Riau mempersiapkan untuk pelantikannya. Namun berapa lama prosesnya, Ikhwan mengaku tidak bisa memastikan.

Baca juga: IKA UIN Suska Riau akan Kembangkan Tatakelola Database Alumni

"Tidak tau kita berapa lamanya, itukan prosesnya di kementerian semua," katanya.

Seperti diketahui, setelah resmi diumumkan lulus seleksi, tiga kandidat calon Sekdaprov Riau diwajibkan untuk mengikuti tes kesehatan jasmani dan rohani. Sesuai jadwal, tes kesehatan akan dilaksanakan, Selasa (25/5/2021) di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan.

Setelah mengikuti tes kesehatan rohani dan jasmani di RSJ Tampan, maka tiga nama peserta yang lulus seleksi tersebut akan dilaporkan ke Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk ditelaah dari sisi administrasi.

Jika sesuai ketentuan dan tidak ada tahapan dan aturan yang dilanggar maka KASN akan mengeluarkan rekomendasi untuk dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

"Kalau rekomendasi dari KASN sudah keluar, pak gubernur akan melaporkan ke Mendagri untuk diajukan SK pengangkatannya, SK nya nanti langsung pak presiden yang menandatangani," kata Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, Senin (24/5/2021).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved