Pasien Covid-19 Tidak Bergejala Jadi Penyebab Tingginya Kasus Covid-19 di Riau

Pasien Covid-19 Tidak Bergejala Jadi Penyebab Tingginya Kasus Covid-19 di Riau

Editor: Aan Ramdani
covid.go.id
Ilustrasi Covid-19 

Pasien Covid-19 Tidak Bergejala Jadi Penyebab Tingginya Kasus Covid-19 di Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Satgas Covid-19 Provinsi Riau akan meningkatkan tracing terhadap pasien Covid-19 yang tidak bergejala. Sebab pihaknya mensinyalir masih banyak warga yang terpapar Covid-19 namun tetap bekerliaran sebab mereka tidak bergejala. Kondisi inilah yang menyebabkan banyaknya terjadi penularan Covid-19 di Riau.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Senin (24/5/2021) menegaskan, untuk menurunkan penularan Covid-19 di Provinsi Riau, maka tracing dari pasien positif Covid-19 harus ditingkatkan lagi.

Gubri Syamsuar menargetkan, tracing minimal dilakukan kepada 15 orang terdekat atau yang berkontak erat dengan pasien Covid-19 yang terkonfirmasi Covid-19.

"Selain vaksinasi yang terus dilakukan secara masal kepada Lansia dan petugas pelayan publik, tracing juga menjadi penting untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19," katanya.

Baca juga: IKA UIN Suska Riau akan Kembangkan Tatakelola Database Alumni

Sebab dengan masifnya tracing yang dilakukan, akan diketahui orang-orang yang positif Covid-19 namun tidak bergejala. Sehingga mereka bisa diisolasi secara mandiri agar tidak menularkan kepada yang lain.

"Semakin banyak yang terdeteksi, semakin mudah mengontrolnya. Harapanya ini bisa berpengaruh terhadap turun nya grafik kasus positif," ujarnya.

Gubri Syamsuar mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir jika ada keluarga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun tetap dibutuhkan kerja sama dan dukungan keluarga dan masyarakat untuk memberikan informasi kepada petugas.

" Masyarakat tidak perlu khawatir jika ada keluarganya yang positif. Laporkan kepada petugas, supaya bisa dilakukan tracing karena pemerintah Provinsi dan kabupaten kota sudah menyiapkan tempat isolasi agar pasien yang OTG dapat dikendalikan dan tidak menularkan kepada yang lain," katanya.

Baca juga: Kapal Wisata Quantung Cruise Tenggelam Saat Bersandar di Dermaga

Baca juga: Telkomsel Perluas Cakupan VoLTE Hingga 230 Kota di Indonesia


--

(Syaiful Misgiono/tribunpekanbaruwiki.com)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved