Irika Jura Loveita, Desainer Fesyen dan Interior

Irika Jura Loveita perupakan Desainer Fesyen dan Interior di Pekanbaru, Riau.

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Irika Jura Loveita 

Irika Jura Loveita, Desainer Fesyen dan Interior


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Irika Jura Loveita perupakan Desainer Fesyen dan Interior di Pekanbaru, Riau.

Keahlian Desainer Fesyen dan Interior dilakukan Irika Jura Loveita yang sehari-hari sebagai ibu rumah tangga dibangun secara otodidak yang kini menjadi salah satu pemasukan untuknya dan keluarga.

Menurut Irika Jura Loveita hal tersebut berangkat dari hobi, hobi tersebut tetap ia geluti karena dinilai membuat dirinya tetap produktif meski di rumah.

Hobi ini sempat terpendam setelah gagal diterima di jurusan teknik pada perguruan tinggi.

Ia akhirnya menjadi sarjana sosial politik. "Semua berawal dari hobi. Tapi karena nggak diterima di arsitektur, jadinya belajar sendiri," ungkap Ika, Rabu (19/5/2021). Tak lama setelah tamat kuliah, ia menikah dengan seorang arsitek.

Di awal menjalani keseharian sebagai ibu rumah tangga, wanita 45 tahun ini belajar desain busana. Ia menghasilkan pakaian yang bernuansa Melayu dengan label Touch of Riau. "Saya pakai bahan dari batik Riau," katanya.

Irika Jura Loveita di workshop mini yang ada di rumahnya
Irika Jura Loveita di workshop mini yang ada di rumahnya (Istimewa)

Baca juga: Tia Juwita, Wanita Sukses Berbisnis Kerjainan Rotan di Pekanbaru

Ika memasarkan hasil karyanya tersebut. Tetapi bisnis fesyen ini tidak berlangsung lama. Mulai 2011 sampai 2014. Masalahnya, bisnis ini harus bergantung dengan mitra penjahit.

Tak sampai di situ, Ika kemudian mendalami desain interior. Meliputi penataan sampai pembuatan furnitur. Ia mempelajari sendiri ilmu dasar desain. Lalu mendalaminya.

Tahun 2020 lalu, ia berkesempatan mengikuti sebuah pendidikan informal ilmu desain secara daring. Bagi Ika, pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covis-19) membawa hikmah karena dapat mengikuti kursus ini dari rumah.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved