Kini Tersedia Layanan Drive Thru Perpanjang SIM dan Pembuatan SKCK di Pekanbaru

Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan pembautan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) bisa melalui layanan Drive Thru di Mapolda Riau

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaruwiki.com/ Doddy Vladimir
Warga sedang memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui layanan Drive Thru di Gedung Pelayanan Terpadu Polda Riau yang berada di komplek Mapolda Riau, Pekanbaru, Kamis (20/5/2021) 

Kini Tersedia Layanan Drive Thru Perpanjang SIM dan Pembuatan SKCK di Pekanbaru, Riau


TRIBUNPEKANBARUWKIKI.COM- Bagi tribuners yang hendak memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) dan pembautan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) bisa melalui layanan Drive Thru di Mapolda Riau, Jalan Pattimura  yang baru saja diresmikan Wakil Kepala Kepolisian Negara RI (Wakapolri), Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kamis (20/5/2021).

Layanan ini dihadirkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan terbaik dalam pelayanan kepolisian secara terpadu

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menjelaskan, layanan tersebut sejalan dengan kebijakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tentang transformasi menuju Polri yang Presisi, yang terdiri dari transformasi pada 4 bidang.

Diantaranya transformasi pada bidang organisasi, transformasi pada bidang operasional, transformasi pada bidang pelayanan publik dan transformasi pada bidang pengawasan.

"Salah satu program yang menjadi target pada Program Prioritas Kapolri adalah mewujudkan pelayanan publik Polri terintegrasi, berbasis big data, dan menyatukan seluruh pintu pelayanan publik ke dalam satu atap pada setiap tingkatan satuan kewilayahan," katanya.

Baca juga: Navara Kaca Film, Spesialis Kaca Film Mobil dan Gedung di Pekanbaru

Lanjut Irjen Agung, inovasi yang digagas dan dibuat oleh Polda Riau, adalah membangun dan mengintegrasikan pelayanan-pelayanan Polri kepada masyarakat dalam satu sistem pelayanan, yaitu dengan membangun Gedung Pelayanan Terpadu Polda Riau.

"Layanan ini dilengkapi dengan fasilitas drive thru dan Aplikasi Pelayanan Terpadu Polda Riau Online," jelas Jenderal bintang dua ini lagi.

Tujuan pembangunan sistem pelayanan terpadu Polda Riau dipaparkan Irjen Agung, adalah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, dengan memangkas birokrasi dan efisiensi waktu.

Masyarakat dapat dengan mudah mengakses pelayanan yang diberikan oleh Polda Riau melalui Aplikasi Pelayanan Terpadu Polda Riau Online online, mengisi form yang ada pada aplikasi tersebut sesuai dengan layanan yang diinginkan, dan mengambil produk yang sudah jadi lewat skema drive thru di Gedung Pelayanan Terpadu Polda Riau.

Selain pelayanan melalui Aplikasi Pelayanan Terpadu Polda Riau, masyarakat juga bisa mendapatkan pelayanan Polri ini secara manual, yaitu dengan datang langsung ke Gedung Pelayanan Terpadu Polda Riau yang berada di komplek Mapolda Riau Jl. Pattimura No.13 Pekanbaru.

Adapun pelayanan yang sudah terintegrasi dalam sistem Pelayanan Terpadu Polda Riau secara keseluruhan adalah SKCK Online, Perpanjangan SIM, Perpanjangan KTA Satpam, STTP Unjuk Rasa, Izin Keramaian, Laporan Kehilangan Barang, Pelayanan Pembuatan Plat Nomor Khusus Kendaraan, Layanan Informasi, Layanan Whistle Blower System dan Aspirasi Masyarakat.

Baca juga: 90 Ribu Orang di Pekanbaru Telah Disuntik Vaksin Covid-19


Syarat yang harus dipersiapkan untuk perpanjangan SIM sebagai berikut:

1. Foto copy e-KTP 3 Lembar
2. Membawa SIM yang akan diperpanjang
3. Mengambil dan Mengisi Formulir yang sudah disedikan petugas
4. Melakukan Pemeriksaan kesehatan dengan biaya Rp. 35.000
5. Kemudian Tes Psikologi dengan biaya Rp. 100.000. Tes psikologi berupa tes tertulis.
6. Sediakan alat tulis berupa pulpen dan pensil untuk mengisi formulir dan tes psikologi.

Biaya SIM sesuai PNBP

-SIM C baru Rp 100.000
-SIM C perpanjangan Rp 75.000.
-SIM A baru Rp 120.000
-SIM A perpanjangan Rp 80.000.


--

(tribunpekanbaruwiki.com/ Rizky Armanda)

Ikuti kami di
KOMENTAR
1095 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved