Mal di Pekanbaru Tutup Sementara Selama Tiga Hari

Pusat perbelanjaan atau Mal di Kota Pekanbaru tutup selama tiga hari, terhitung 12-14 Mei 2021.

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaruwiki.com
Mal Living World Pekanbaru Tutup Sementara 

Mal di Pekanbaru Tutup Sementara Selama Tiga Hari

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Pusat perbelanjaan atau Mal di Kota Pekanbaru tutup selama tiga hari, terhitung 12-14 Mei 2021.

Penutupan ini sesuai dengan aturan Pemerintah Kota Pekanbaru dan Satgas Penangan Covid-19.

Tidak hanya pusat perbelanjaan atau Mal saja, ada sejumlah tempat keramian berupa tempat usaha yang tutup sementara yakni, pusat rekreasi, hiburan umum, cafe, pub dan KTV.

pantaun tribunpekanbaruwiki.com, Rabu (12/5/2021) pusat-pusat perbelanjaan tersebut memang tutup sementara sesuai dengan surat edaran pemerintah Kota Pekanbaru yang telah dikeluarkan.

Misalnya saja terlihat di Mal Living World, Mal SKA dan Mal Pekanbaru.

di Mal SKA meskipun tutup namun ada tenant yang masih tetap dibuka sesuai dengan aturan yakni tenant yang menjual kebutuhan pokok seperti hypermart di Mal SKA, kemudian tenant menjual obat dan alat kesehatan.

Jelang Lebaran 2021, Puluhan Ribu Orang di Pekanbaru Padati Mal
Jelang Lebaran 2021, Puluhan Ribu Orang di Pekanbaru Padati Mal (Istimewa)

Baca juga: Ruang ICU 10 Rumah Sakit di Pekanbaru Ini Dipenuhi Pasien Covid-19

Kemudian restauran juga masih tetap buka namun dengan batasan tidak melayani makan ditempat melainkan hanya bisa dibungkus dan dibawa pulang.

"Tenan yang buka itu adalah usaha kebutuhan pokok, usaha kesehatan dan cafe/resto layanan take away," ujar General Manager (GM) Mal SKA Pekanbaru Agus Salim.

Walaupun buka terbatas tegas Agus pihaknya terus memperketat Pengamanan Protokol Kesehatan Covid 18. "Apalagi kita sudah buat Pernyataan dukungan libur 3 hari dihadapan Gubernur Riau Bapak Drs H Syamsuar MSi dan Forkopimda Riau," ucap Agus.

Divisi Manager Groceries Hypermart Mal SKA Pekanbaru Adri Suwirman menyampaikan Hypermart tidak tutup dan tetap buka sampai Jumat (14/5). "Tapi hanya jam operasionalnya saja dirubah, untuk, Kamis (13/5) kita buka pukul 12.00 sampai pukul 21.00 dan Jumat (14/5) kita buka pukul 10.00 sampai pukul 21.00," ujar Adri.

Untuk antisipasi penyebaran Covif 19 tegas Adri, pihaknya lebih memperketat Protokol Kesehatan Covid 19. "Bagi yang tidak pakai masker dan tidak cuci tangan tidak boleh masuk Mal," ucap Adri.

Toko Penjualan Toples atau Tempat Kue di Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru Jelang Hari Raya Idul Fitri 2021 Ramai Dikunjungi Pembeli
Toko Penjualan Toples atau Tempat Kue di Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru Jelang Hari Raya Idul Fitri 2021 Ramai Dikunjungi Pembeli (tribunpekanbaruwiki.com/aan ramdani)

Baca juga: Selama 5 Hari Larangan Mudik Lebaran 2021, 5.496 Kendaraan Disuruh Putar Balik di Riau

Hal serupa juga di Mal Pekanbaru, Corporate Secretary Mal Pekanbaru (PT Bima Sakti Pertiwi Tbk), Riza Budi mengatakan, Mal Pekanbaru juga tutup sesuai himbauan Pemko Pekanbaru. "Tapi sesuai surat dari Pemko itu masih ada tenan esensial yang masih tetap diperbolehkan untuk beroperasi seperti supermarket dan toko obat," ujar Riza.

Riza juga menyampaikan, walaupun operasional Mal tutup namun maintenance dan general cleaning tetap dilakukan. "Mal akan kembali beroperasi pada tanggal 15 Mei 2021 mendatang. Keputusan ini harus kita dukung, kalau pemerintah sudah mengatur seperti itu, kami selaku pusat perbelanjaan akan ikut dan mematuhi. Karena pemerintah mengambil keputusan itu ada pertimbangan-pertimbangan untuk memutus mata rantai Covid-19," ucap Riza.

Sementara itu, Tim Satpol PP Kota Pekanbaru bersama aparat gabungan memantau sejumlah pusat perbelanjaan di antaranya Mal SKA, Living World, Mal Pekanbaru, Sukaramai Trade Centre hingga sejumlah pertokoan di beberapa ruas jalan.

Pusat Kuliner di Bundaran Keris dipadati pengunjung, terlihat pengunjung tidak menjaga jarak.
Pusat Kuliner di Bundaran Keris dipadati pengunjung, terlihat pengunjung tidak menjaga jarak. (tibunpekanbaruwiki.com/ aan ramdani)

Baca juga: Stok BBM Untuk Hari Raya Idul Fitri 2021 di Riau Dipastikan Aman

"Kita sudah sebar tim untuk melakukan patroli pengawasan terhadap seluruh pusat keramaian, mayoritas tidak beroperasi," terang Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang kepada tribunpekanbaruwiki.com di sela giat patroli.

Menurutnya, ada ratusan personel terlibat dalam patroli ini. Mereka menyebar di tiga wilayah yakni Kawasan Rumbai, Kawasan Tenayan dan Kawasan Panam.

Iwan menegaskan bahwa tim di lapangan langsumg memberi peringatan kepada pengelola tempat usaha yang nekat buka. Mereka bakal membubarkan pengunjung yang berada di pusat keramaian.

"Kalau ada yang buka juga, ya kita bubarkan langsung," terangnya.

Baca juga: Nama 6 Calon Rektor UIN Suska Riau Telah Diserahkan Ke Kemenag RI

Baca juga: Tarian Api Warnai Pembukaan Festival Lampu Colok di Kepulauan Meranti


--

(tribunpekanbaruwiki.com/Fernando Sikumbang/Rino Syahril)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved