Stok BBM Untuk Hari Raya Idul Fitri 2021 di Riau Dipastikan Aman

Ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Riau untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri 2021 di Riau dipastikan aman.

Editor: Aan Ramdani
tibunpekanbaruwiki.com
Suasana antrian kendaraan sepeda motor di SPBU Jalan Cempaka Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu. 

Stok BBM Untuk Hari Raya Idul Fitri 2021 di Riau Dipastikan Aman


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Riau untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri 2021 di Riau dipastikan aman.

Hal tersebut disampaikan Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) M Lobo Balia usai mengunjungi Terminal BBM Sei Siak untuk memastikan ketersedian BBM dan gas selama Ramadan dan Lebaran Idul Fitri, Senin (10/5/2021).

"Sesuai dengan tugas kami di Komite BPH Minas memastikan BBM dan gas sampai ke rakyat secara aman dan terkendali. Makanya kami meninjau stok BBM dan gas di Pekanbaru ini," ujar Lobo.

Dalam pertemuan di TBBM Sei Siak dihadiri SBM Pertamina Cabang Pekanbaru Aditya Andrawina, Kepala Dinas ESDM Indra Agus Lukman dan Ketua Hiswana Migas, Tuah Laksamana.

Pada kesempatan itu diketahui stok BBM untuk wilayah Riau dipastikan mencukupi selama enam hari ke depan atau selama libur Lebaran Idul Fitri. Ketahanan stok BBM aman untuk enam hari ke depan sekitar 2.500 kilo liter per hari.

Baca juga: Hotel Jadi Tempat Prostitusi, KAMMI Riau Desak Pemko Pekanbaru Evaluasi Izin Hotel

"Intinya kita pastikan suplai BBM dan gas mencukupi sehingga masyarakat bisa berhari raya tanpa kendala," imbuh Lobo.

Optimistis pihak Pertamina dalam mencukupi menyuplai BBM ini ditambah dengan kebijakan pemerintah yang membatasi kegiatan mudik. Hal ini sangat berpengaruh pada penggunaan BBM masyarakat.

"Bahkan kami kemarin meninjau SPBU di Pelalawan, omzet mereka justru turun sejak diberlakukan pembatasan mudik ini. Berarti konsumsi BBM justru berkurang," sebutnya.

Baca juga: Dalam Sehari 26 Orang di Riau Meninggal Karena Covid-19

Sementara terkait gas 3 kg, Lobo mengakui ada kenaikan selama Ramadan dan menjelang Lebaran. Hal ini terkait larangan mudik yang menyebabkan warga banyak di rumah sehingga penggunaan elpiji meningkat.

SBM Pertamina Cabang Pekanbaru Aditya Andrawina menambahkan ada penambahan stok gas 3 kg sejak 1 Mei hingga 15 Mei 2021. Jika konsumsi gas 3 kg sekitar 500 ton per hari dengan penambahan 3-5 persen berarti ada penambahan 400 ribu tabung.

Sementara Ketua Hiswana Migas Riau Tuah Laksamana mengatakan, pihaknya komitmen menyalur BBM dan gas sesuai peruntukan selama Ramadan dan Lebaran.
"Untuk suplai dari depot Pertamina ke SPBU tidak ada masalah. Justru yang terjadi tren penurunan konsumsi BBM karena adanya pembatasan," ujar Tuah.

Baca juga: Gulai Siput, Menu Favorit Buka Puasa di Indragiri Hulu Riau

Baca juga: Galopuong Ondam, Makanan Khas Kampar Riau

--
(tribunpekanbaruwiki.com/Alexander)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved