Ekonomi Riau Triwulan Pertama 2021 Tumbuh Positif 0,41 Persen, Angka Pengangguran Turun

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau yang dirilis, Rabu (5/5/2021) perekonomian Riau pada triwilan I tahun 2021 naik

Editor: Aan Ramdani
Kompas.com
Ilustasi: Ekonomi Riau Naik di Triwulan Pertama 2021 (SHUTTERSTOCK/LIGHTSPRING) 


Ekonomi Riau Triwulan Pertama Tumbuh Positif 0,41 Persen, Angka Pengangguran Turun

 

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau yang dirilis, Rabu (5/5/2021) perekonomian Riau masih cukup menggembirakan dengan naiknya angka pertumbuhan ekonomi di Riau pada triwilan I tahun 2021.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Rabu (5/5/2021) pertumbuhan ekonomi di Riau naik 0,41 persen jika dibandingkan dengan priode yang sama ditahun sebelumnya.

Kepala BPS Riau, Drs Misfaruddin, M.Si, mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi di Riau tidak terlepas dari menggeliatnya sejumlah sektor unggulan di Riau yang tidak begitu terdampak Pandemi Covid-19. Mulai dari sektor ekspor, kemudian Minyak dan Gas (Migas), kemudian pertanian khususnya adalah kelapa sawit, sektor kehutanan, perikanan serta industri pengolahan, terutama industri pengolahan CPO.

"Sektor-sektor unggulan ini memang tidak terlalu terkena dampak dari Pandemi Covid-19, ini menguntungkan buat Riau. Sehingga pertumbuhan ekonomi di Riau pada triwulan pertama tahun 2021 ini memang mengalami pertumbuhan yang positif jika dibandingkan dengan priode yang sama tahun 2020 lalu," katanya.

Baca juga: Pemkab Siak Putuskan Salat Idul Fitri 1442 H di Rumah Saja

Tumbuhnya perekonomian di Riau harus disambut baik. Sebab diperiode yang sama pada tahun 2020 lalu, Riau juga sudah dilanda Pandemi Covid-19. Namun pada tahun ini perekonomian Riau mampu bergerak naik dan menunjukkan tren positif.

Naiknya pertumbuhan ekonomi di Riau pada triwulan pertama ini menempatkan Riau berada diurutan ke 6 dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terbesar se Indonesia.

"Kalau di luar pulau jawa, Riau terbesar kedua PDRBnya," kata Misfaruddin.

Selain pertumbuhan ekonomi yang menunjukkan tren positif, angka pengangguran di Riau pada awal tahun 2021 juga mengalami penurunan jika dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan data dari BPS Riau, jumlah penduduk usia kerja yang terdampak Covid-19 di Riau mencapai 520 ribu orang di bulan Agustus 2020. Namun pada Febriari 2021 angkanya turun menjadi 315 ribu orang.

"Pengangguran di Riau turun karena penduduk usia kerja di bulan Februari 2021 lebih rendah jika dibandingkan dengan bulan Agustus 2020. Itu salah satu penyebabnya," katanya.

Baca juga: Bolu Kemojo Masih Menjadi Favorit Masyarakat Dumai

Tidak hanya itu, turunnya angka pengangguran di Riau juga disebabkan karena sudah mulai terserapnya angka pengangguran di Riau. Dimana mereka sebelumnya tidak bekerja karena terdampak Covid-19, namun di tahun ini mereka kembali bekerja. Sehingga angka pengangguran terus mengalami penurunan seiring terserapnya penduduk usia kerja yang sebelumnya sempat terdampak Covid-19.

"Mungkin di bulan Agustus 2020 itu banyak orang di PHK karena wabah Covid-19, nah sekarang mereka sudah mulai masuk kerja lagi, makanya angka pengangguran kita jadi turun," sebutnya.

Baca juga: April 2021, Covid-19 di Riau Tembus 9 Ribu Lebih Kasus

Baca juga: Jelang Hari Raya Idul Fitri 2021, Sejumlah Mal di Pekanbaru Diserbu Pembeli

--

(tribunpekanbaruwki.com/Syaiful Misgiono)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved