Lima Warga India Positif Covid-19 Masuk ke Riau

-Lima orang warga India yang masuk ke Riau dinyatakan positif covid-19.

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Lima Warga India Positif Covid-19 Masuk ke Riau 

Lima Warga India Positif Covid-19 Masuk ke Riau


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM -Lima orang warga India yang masuk ke Riau dinyatakan positif covid-19.

Lima warga India yang masuk ke Riau tersebut merupakan dari 22 orang Anak Buah Kapal (ABK) yang berlabuh di laut Dumai beberapa hari yang lalu.

Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, Rabu (5/5/2021) mengungkapkan, hingga saat ini total sudah ada lima orang warga India yang masuk ke Riau dinyatakan positif Covid-19. Dari kelima ini salah satunya adalah kapten kapal yang pertama kali ditemukan terpapar Covid-19 dan dirawat di rumah sakit Aulia Pekanbaru.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan tes Swab PCR, ternyata jumlahnya bertambah. Ada tambahan empat orang warga negara yang masuk di Riau dan dinyatakan positif Covid-19, dengan demikian jumlahnya menjadi 5 orang yang terkonfirmasi positif covid-19.

Empat ABK tersebut dinyatakan positif terpapar COVID-19, setelah melalui PCR test oleh tenaga medis yang diberi kewenangan mengawasi awak kapal tersebut.

"Ada tambahan lagi, empat ABK-nya positif, setelah dites PCR," kata dokter spesialis paru RSUD Arifin Ahmad ini.

Sebelumnya Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar membenarkan kabar masuknya Anak Buah Kapal (ABK) asal India yang masuk melalui pelabuhan dumai. Jumlah ABK asal India yang masuk ke Riau melalui Dumai tersebut sebanyak 22 orang.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas, ditemukan ada satu ABK yang dinyatakan positif Covid-19. ABK ini sempat mengalami sesak nafas dan mendapatkan bantuan oksigen saat berada di kapal.

"Kapten kapal dari India yang dinyatakan positif Covid-19 sekarang sudah dirawat di RS Aulia Pekanbaru," kata Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Gubri Syamsuar mengungkapkan, saat ini kapten kapal asal India yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut stabil. Meskipun sebelumnya sempat mengalami sesak nafas dan mendapatkan bantuan oksigen dari petugas kesehatan. Bahkan kapten kapal ini mengalami gejala yang berat dan sempat dirawat di ruang ICU.

"Tadi saya sudah cek dengan pak dokter yang menangani pasien Covid-19 warga negara India ini kondisinya stabil, kemarin memang waktu di Kapal sempat sesak dan dibantu oksigen yang langsung dibawa ke kapal,"katanya.


--
(tribunpekanbaruwiki.com/Syaiful Misgiono)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved