Bolu Kemojo Masih Menjadi Favorit Masyarakat Dumai

Bolu Kemojo, merupakan makanan warisan nenek moyang yang tak lekang oleh waktu di Riau, termasuk di Kota Dumai.

Editor: Aan Ramdani
tibunpekanbaruwiki.com
Bolu Kemojo bikinan Bolu Kemojo Nona di jalan Hangtuah Kota Dumai 

Bolu Kemojo Masih Menjadi Favorit Masyarakat Dumai

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Bolu Kemojo, merupakan makanan warisan nenek moyang yang tak lekang oleh waktu di Riau, termasuk di Kota Dumai.

Ada sejarah yang menarik di balik setiap gigitan lezat Bolu Kemojo ini.

Bahkan, makanan masyarakat melayu Riau ini, masih menjadi menu favorit saat berbuka di bulan ramdhan, dan di jadikan jamuan di rumah pada perayaan Hari Raya Idul Fitri .

Meski hampir semua orang di Riau tahu betul seberapa populer Bolu Kemojo ini, namun hanya segelintir yang benar-benar tahu asal muasal kue berbentuk bunga ini.

Bolu Kemojo yang juga sering disebut sebagai Bolu Kojo ini mendapatkan namanya dari kata kamboja. Hal ini tak lain karena bentuk cetakan atau loyang yang digunakan untuk membuat Bolu Kemojo berbentuk seperti bunga kamboja.

Baca juga: Bolu Kemojo Oleh-Oleh Khas Pekanbaru

Kebiasaan membuat bolu ini diturunkan dari generasi ke generasi selama berpuluh-puluh tahun untuk berbagai acara adat. Pembuatannya pun melibatkan banyak orang secara bergotong royong, mengingat dalam berbagai acara adat, dibutuhkan Bolu Kemojo dalam jumlah yang sangat besar.

Fatmawati merupakan pemilik toko Bolu Kemojo Nona di jalan Hangtuah meā€ˇngungkapkan, bahwa dibulan Ramadhan dan menjelang idul fitri, pesanan Bolu Kemojo sedikit meningkat, dibanding hari hari biasanya.

"Ya ada lah naiknya 40 persen dari hari biasanya, karena memang Bolu Kemojo ini sangat pas disajikan saat berbuka karena memang rasanya yang manis sangat enak dilidah," katanya.

Dirinya menjelaskan, Bolu Kemojo dibuat tanpa bahan pengawet Berbeda dengan bolu kebanyakan yang punya tekstur lembut dan seperti spons, Bolu Kemojo memiliki tekstur yang lebih padat dan tak jauh beda dengan kue basah alih-alih bolu kering.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved