Fauzi Kadir, Ketua DPW Partai Ummat Riau

Nama Fauzi Kadir kembali mencuat dan menjadi perhatian di Riau setelah Fauzi Kadir didapuk menjadi Ketua DPW Partai Ummat Riau.

tribunpekanbaru.com
Ketua DPW Partai Ummat Riau, Fauzi Kadir 

Fauzi Kadir, Ketua DPW Partai Ummat Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Nama Fauzi Kadir kembali mencuat dan menjadi perhatian di Riau setelah Fauzi Kadir didapuk menjadi Ketua DPW Partai Ummat Riau.

Nama politikus Fauzi Kadir tidaklah asing di Provinsi Riau. Di awal reformasi, Fauzi Kadir merupakan Mantan Ketua DPW PAN Riau, tepatnya kala itu Fauzi Kadir membidani lahirnya Partai Amanat Nasional (PAN) Riau selama delapan bulan lebih dari mulai tahun 1998.

Kepada tribunpekanbaruwiki.com, Fauzi Kadir menjelaskan ada beberapa faktor yang membuat ia tertarik bersama dengan Partai Ummat.

"Basis pak Amien Rais itu dari berbagai komponen, saya bukan orang Muhammadiyah dan bukan orang PAN tulen hanya saja saya ikut Partai Ummat, variabelnya banyak," ujar Fauzi Kadir Jumat (30/4/2021).

Selain soal arah politik Partai Ummat yang mempunyai kecocokan dengan dirinya, Fauzi Kadir memang memiliki kedekatan dengan Amien Rais yang dulunya pentolan gerakan reformasi di tahun 1988.

Baca juga: M Vitdriansyah Putra, Peserta LIDA 2021 dari Riau Tersenggol di Babak Top 42

Fauzi Kadir memang sejak mudanya dikenal sebagai aktivis dan pernah menjabat Ketua HMI Cabang Yogyakarta saat berkuliah di Kota Gudeg, tepatnya di Universitas Islam Indonesia (UII). Fauzi Kadir juga pernah menjabat Ketua Umum Ikatan Alumni UII Wilayah Riau.

Meski karier politiknya timbul tenggelam, Fauzi Kadir selalu hadir dalam konstelasi politik lokal Riau. Saat Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Riau mendeklarasikan diri mereka, pada 16 Oktober 2020 ada 70 tokoh yang dicantumkan namanya. Ke-70 deklator KAMI Riau terdiri dari mantan gubernur Riau, mantan rektor, ulama, bahkan wartawan.

Fauzi Kadir masuk satu di antara 70 tokoh yang ikut mendelakrasikan KAMI Riau. KAMI merupakan gerak moral yang dibesut oleh mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.
Fauzi Kadir juga dikenal dekat dan bisa disebut loyalis Amien Rais.

Setiap kunjungan Amien Rais ke Riau, selalu ada sosok Fauzi Kadir mendampingi. Terakhir Fauzi Kadir mendampingi Amien Rais saat tablig akbar dalam rangka Musyenda Muhammadiyah Kampar pada 2017 silam.

Deklarasi Partai Ummat besutan Amin Rais
Deklarasi Partai Ummat besutan Amin Rais (tangkapan layar youtube Amien Rais Official)
Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved