Warga Kandis Senang Bisa Buat e-KTP di UPTD, Tak Perlu Jauh-Jauh Ke Siak

Warga Kecamatan Kandis kini merasa senang dengan hadirnya pelayanan Unit Pelaksana Teknis Daerah) Dukcapil di Kecamatan Kandis.

tibunpekanbaru.com
Ilustrasi: Perekaman e-KTP di Kota Pekanbaru 

Warga Kandis Senang Bisa Buat e-KTP di UPTD, Tak Perlu Jauh-Jauh Ke Siak

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Warga Kecamatan Kandis kini merasa senang dengan pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Siak yang telah menghadirkan UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Dukcapil di Kecamatan Kandis.

Kehadiran UPTD ini memang sudah sejak lama dinatikan oleh warga Kecamatan Kandis. Untuk melakukan pengurusan administrasi, warga tidak perlu lagi jauh-jauh ke Siak untuk mencetak KTP dan mengurus kartu identitas lainnya.

Misalnya Firdaus Zen (58), warga Kelurahan Telaga Samsam, kecamatan itu mengaku sangat senang dapat pelayanan saat mengurus KTP elektronik di UPTD Kandis tersebut. Ia tak perlu lagi menghabiskan waktu dan ongkos untuk datang ke Siak untuk menerbitkan KTP.

"Alhamdulillah, ini sangat mempermudah kami, tak perlu lagi jauh-jauh ke Siak, terimakasih pak bupati" ungkapnya.

Firdaus yang saat ini membuka usaha reklame datang ke UPTD Disdukcapil Kandis, untuk mengganti KTP El-nya yang sudah rusak.

Baca juga: 76 Pelanggar Terjaring Razia Prokes di Mandau Bengkalis

Baca juga: Wakil Walikota Dumai Amris Meninggal Dunia Karena Covid-19

"Dulu sewaktu saya urus e-KTP di Siak cukup memakan biaya yang lumayan besar, berkisaran Rp 150 ribu dan menempuh waktu lebih kurang 3 jam perjalanan. Kini, cukup datang ke UPTD Disdukcapil Kandis dan dari rumah saya ke UPTD ini hanya 15 menit," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Siak Hasmizal menambahkan, penertiban kartu keluarga, rekam dan cetak e-KTP ini merupakan program pendekatan pelayanan kepada masyarakat.

Hasmizal menuturkan, Stok blangko di Dinas tersedia sebanyak 10.000 blangko. Kemudian, UPTD Kandis setiap hari melayani belasan warga untuk merekam e-KTP. Sementara di kantor Disdujcapil, rata-rata per harinya 250 percetakan e-KTP, 50 diantaranya cetak baru.

Ia menjelaskan, jika sudah lengkap dan database dari pusat tidak ada masalah bisa langsung dicetak. Kalau ditemukan data ganda, maka akan diselesaikan di kantor dinas.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved